Berita Belitung

Hari UMKM Nasional, Belitung Targetkan Makin Banyak UMKM Tembus Pasar Global

Dalam memotivasi para pelaku UMKM, kata Budi, pihaknya pun rutin melakukan pembinaan agar UMKM naik kelas.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Membatik Belitung yang dilakukan perajin di Galeri Batik HDNoto. Foto diambil beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pada momentum peringatan Hari UMKM Nasional, Kabid K UMKM Dinas K UMKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Budi Swasta menargetkan semakin banyak UMKM yang menembus pasar dunia.

Sebelumnya, satu dari momen terbaik bagi para pelaku UMKM Belitung pada tahun ini ialah ketika produk sedotan purun dapat dipromosikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di New York.

"Mudah-mudahan ada produk yang dipromosikan lagi. Nanti G20 ada 46 UMKM yang akan dipamerkan G20 Expo pada 7-9 September 2022. Target semakin banyak yang ekspor agar dampak ekonomi dan lapangan kerja lebih terbuka," kata Budi saat ditemui Posbelitung.co, Jumat (12/8/2022).

Dalam memotivasi para pelaku UMKM, kata dia, pihaknya pun rutin melakukan pembinaan agar UMKM naik kelas. Tidak hanya pembinaan, dinas tersebut juga menggelar expo yang sekaligus tes pasar bagi pelaku usaha.

"Kalau produk laris, berarti tinggal dijaga kualitas. Apabila produk kurang laris, mereka dapat introspeksi kekurangan rasa, kebersihan, kemasan, makanya mereka dapat meningkatkannya," lanjut dia.

Dalam memberikan dukungan bagi UMKM dalam meningkatkan produk, Dinas K UMKMPTK juga menyediakan konsultan bagi UMKM untuk berkonsultasi. Pelaku UMKM dapat berkonsultasi secara gratis di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved