Berita Belitung

Klenteng Dharma Suci Manggar Bakar Raja Hantu, Wujud Rasa Syukur dan Mohon Berkah

Ritual itu dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan melepas tutup wajah patung raja hantu yang terbuat dari kayu berukuran tinggi sekitar lima meter.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Istimewa
Raja Hantu yang akan dibakar (kiri) dan Jimmy Tjong yang sedang melakukan ritual doa di Klenteng Dharma Suci Manggar. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Klenteng Dharma Suci menggelar ritual sembahyang rebut atau pembakaran Thai Se Ja alias raja hantu tepat pada tanggal 15 bulan tujuh dalam kalender Tionghoa, Jumat (12/8/2022).

Wakil Ketua Klenteng Dharma Suci Manggar,  Jimmy Tjong mengatakan ritual ini digelar rutin setiap tahun untuk mengantar para hantu yang gentayangan dan tak sempat disembayangkan oleh keluarga untuk berkumpul di pintu neraka.

"Maknanya ritual adat Tionghoa ini bisa sebagai simbol untuk memerangi segala sifat, perilaku, dan hal buruk manusia yang nanti akhirnya membawa berkah kepada masyarakat di sepanjang tahun depan," kata Jimmy kepada posbelitung.co, Sabtu (13/8/2022).

Ritual itu dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan melepas tutup wajah patung raja hantu yang terbuat dari kayu berukuran tinggi sekitar lima meter. Lalu masyarakat diperkenankan untuk melakukan doa-doa dan pada malam harinya patung itu dibawa ke belakang klenteng untuk dibakar.

Jimmy yang juga politisi Partai Hanura Beltim itu mengatakan ritual yang dilaksanakan tahun ini masih sama seperti sebelumnya yaitu tetap memerhatikan protokol kesehatan. Dirinya tetap memprioritaskan hal tersebut karena sesuai dengan anjuran pemerintah yang saat ini belum mencabut status pandemi.

Tahun ini dia berharap ritual ini bisa membawa berkah bagi masyarakat Belitung Timur. Selain itu juga aman dan sejahtera serta dijauhkan daei bencana apapun.

"Termasuk juga mendoakan agar pemerintah serta forkopimda di Belitung Timur bisa selalu bersinergi membangun dan menyejahterakan masyarakat Belitung Timur," harap Jimmy.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved