DPRD Beltim Ajak Maknai Kemerdekaan Berdasarkan Pancasila hingga Pemberdayaan UMKM

Ketua DPRD Beltim, Fezzi Uktolseja, mengatakan, dalam memaknai Hari Kemerdekaan RI di era modern dapat diwujudkan dengan berusaha berbuat baik.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
Istimewa/DOK DPRD BELITUNG TIMUR
Acara rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di DPRD Belitung Timur, Selasa (16/8/2022). 

BELITUNG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur menyelenggarakan Rapat Paripurna Istimewa III Masa Persidangan II, Selasa (16/8/2022). Agendanya mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Ke-77 RI yang dihadiri ketua dan anggota DPRD, bupati, serta unsur forkopimda.

Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja, mengatakan, dalam memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di era modern dapat diwujudkan dengan berusaha berbuat baik, saling tolong menolong bersama, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

-
Rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di DPRD Belitung Timur, Selasa (16/8/2022). (Istimewa/DOK DPRD BELITUNG TIMUR)

"Kita tahu intisari Pancasila adalah gotong royong. Tumbuh lebih cepat, bangkit lebih kuat. Kuncinya gotong royong dan kebersamaan," ujarnya.

Fezzi juga menyoroti pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo berkaitan hilirisasi bahan tambang. Melalui hilirisasi nikel yang telah dilakukan, mampu meningkatkan ekspor besi baja 18 kali lipat.

Ekspor baja yang pada 2014 hanya sekitar Rp16 triliun meningkat pesat pada 2021 mencapai Rp306 triliun. Presiden juga menyinggung hilirisasi pada sejumlah komoditas pertambangan seperti bauksit, tembaga, dan timah. Bangka Belitung sebagai daerah penghasil timah juga mendapat sorotan untuk melakukan hilirisasi seperti nikel.

"Kita belum tahu yang dimaksud seperti apa, karena baru disampaikan ke depan ada beberapa hilirisasi selain nikel, kemungkinan adalah timah. Ini aturan dan sistemnya belum tahu, karena menyangkut timah berkaitan hajat hidup orang banyak, terutama di Bangka Belitung," kata Fezzi.

-
Rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di DPRD Belitung Timur, Selasa (16/8/2022). (Istimewa/DOK DPRD BELITUNG TIMUR)

Wakil Ketua I DPRD Rohalba mengatakan, melalui semangat kemerdekaan, diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi bagi Indonesia, khususnya Belitung Timur. Dalam kondisi pandemi yang mengarah pada endemi, harapnnya ekonomi masyarakat mulai bangkit terutama menggalakkan sektor ekonomi kerakyatan seperti pertanian, perikanan, UMKM, dan lainnya.

"Oleh karena itu, UMKM didorong dengan cara mendorong komunitas dan semangat masyarakat buat berdaya dan berusaha agar ekonomi kerakyatan tetap berjaya," ujarnya.

Dorongan bagi pelaku UMKM ini dilakukan dengan mengarahkan pada ekonomi berbasis digital. Pemerintah daerah pun menyiapkan sarana prasarana dan fasilitas digital serta pelatihan.

Rohalba memastikan DPRD terus mendorong agar anggaran pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan tetap dialokasikan. Harapannya dengan ekonomi yang terus menggeliat, pemenuhan gizi anak dan pendidikan dapat terus meningkat sehingga Belitung Timur bisa makmur dan memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa.

"Harapannya melalui perayaan Hari Kemerdekaan agar Indonesia pulih, Indonesia bangkit, ekonomi dan UMKM berdaya, Indonesia maju dan masyarakat sejahtera," ucapnya. (advertorial/del)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved