Berita Pangkalpinang

TPP ASN di Pangkalpinang Naik 20 Persen Mulai Tahun Depan  

TTP naik, aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang,  boleh tersenyum gembira.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com
Ilustrasi PNS 

POSBELITUNG.CO , BANGKA – Aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang,  boleh tersenyum gembira. Sebab, mulai tahun depan bakal menerima kenaikan penghasilan.

Di mana pemerintah setempat berencana menaikkan tambahan penghasilan pegawai atau TPP. Dengan begitu penghasilan yang didapatkan ASN akan makin besar.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, pihaknya sendiri telah mengajukan kenaikan TPP ASN kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dan telah disetujui dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2023.

“Alhamdulillah ini adalah proses yang kita jalani dan hasil rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD-Red) dan kawan-kawan legislatif,” kata Maulan Aklil kepada Posbelitung.co, Senin (22/8/2022).

Maulan Aklil yang biasa disapa Molen mengungkapkan, kenaikan TPP ASN akan naik sekitar 20 persen dari sebelumnya. Maka dari itu ia memastikan, 3.348 ASN di Pangkalpinang mendapatkan kenaikan tersebut, mulai dari staf hingga pejabat eselon II. Besaran TPP yang diterima para pegawai tersebut berdasarkan kinerja dan kedisiplinan.

Hal itu sebagai upaya memperjuangkan kesejahteraan ASN melalui kenaikan TPP, meski dengan anggaran yang terbatas. Dengan begitu, TPP ASN akan mulai naik pada awal tahun 2023 mendatang.

“Alhamdulillah kenaikannya mencapai 20 persen. Maksimal 20 persen,” jelas Molen.

Dia menilai, sejauh ini ASN di lingkungan pemerintah kota telah menunjukkan kinerja dan loyalitasnya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Belum lagi untuk mendongkrak kemandirian keuangan daerah, melalui program-program yang telah dijalankan.

Kenaikan TPP itu juga sebagai bentuk apresiasi kepada ASN. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan disiplin, integritas,  kualitas pelayanan kepada masyarakat dan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah serta meminimalisir potensi korupsi.

“Kinerja ASN kita sudah  bagus, tidak ada salahnya kita apresiasi akan kerja keras mereka. Kita apresiasi dengan kenaikan TPP mereka,” jelasnya.

Oleh karena itu, politikus PDI-P menekankan, kenaikan TPP  para ASN harus terus meningkatkan kinerjanya. Terutama perangkat daerah berwenang dalam melakukan penerimaan dan pendapatan daerah.

Setiap perangkat daerah harus dapat memaksimalkan dan mencari sektor baru untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) seusai target yang telah ditentukan. PAD sendiri dinilai sangat penting untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain TPP ASN, pemerintah kota juga bakal menaikan gaji Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Marbot Masjid, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) hingga guru mengaji di daerah itu.

“Tahun depan RT, RW juga naik, karena sesuai janji saya apabila Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2-Red) tercapai target. Sesuai target saya juga bahwa kesejahteraan karya ASN Pinang juga akan kita perhatikan,” kata Molen. ( Posbelitung.co/Cepi Marlianto)

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved