G20 Belitung

Delapan Produk UMKM Belitung Timur Tunggu Kurasi Pusat Meriahkan G20 Summit  

Sebanyak delapan produk UMKM asal Belitung Timur (Beltim) berhasil masuk dalam bursa calon produk unggulan yang akan dipamerkan dalam G20 Summit

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
istimewa
Delapan produk UMKM Beltim yang menunggu kurasi pusat untuk dipamerkan dalam acara G20 nantinya. (Ist/Disnakerkopumkm Beltim) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak delapan produk UMKM asal Belitung Timur (Beltim) berhasil masuk dalam bursa calon produk unggulan yang akan dipamerkan dalam G20 Summit pada 7-9 September 2022 mendatang di Belitung.

Delapan produk itu yakni Dodol Nanas Amnaz Berehun, Trigona Honey Friskila, Keripik Sukun Tiga Permata, Madu Trigina Mana Bee, Family Honey, Kater Handycraft, Batik Mangrove Mekar Jaya, dan Minyak Serai Abel.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Belitung Timur, Gustaf Pilandra menyatakan delapan produk ini tengah menunggu hasil kurasi dari tim pusat untuk didisplay dalam acara Development Minister Meeting rangkaian G20 Summit.

"Dari puluhan produk yang masuk setelah dikurasi tim regional terdapat delapan produk yang memenuhi standar untuk dikurasi tim pusat lalu didisplay kepada para delegasi dari puluhan negara," kata Gustaf didampingi Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Marwati, Rabu (24/8/2022).

Gustaf bilang beberapa standar yang harus dipenuhi oleh pelaku UMKM yakni dari segi packaging harus dikemas tanpa plastik. Karena dikatakannya saat ini dunia sedang concern terhadap green economy yang mana salah satunya fokus dalam mengurangi penggunaan plastik.

Selain itu, karena target pasarnya adalah internasional maka seluruh tulisan harus disertai dengan bahasa inggris. Hal itu supaya nantinya konsumen dari luar negeri mengerti apa yang mereka beli dan hadiahkan kepada sanak saudara mereka di negara asal.

"Produk-produk ini ketika sudah dikenal nantinya bisa tembus ke pasar-pasar potensial untuk menambah daya ungkit ekonomi pelaku UMKM dan daerah," kata Gustaf.

Dia berharap UMKM-UMKM lain bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh delapan UMKM ini supaya produk mereka berkembang. Bukan hanya untuk G20 saja tapi juga untuk pasar yang lebih luas nantinya.

Pihaknya juga mengaku akan terus mendampingi para pelaku UMKM yang ada agar produk-produk mereka terus berkembang. Pendampingan tersebut berupa pelatihan-pelatihan yang berguna terkait produk mereka, termasuk pelatihan marketingnya.

"Semoga seluruh produk UMKM Belitung Timur bisa tembus pasar-pasar besar di Indonesia," kata Gustaf. ( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved