Berita Pangkalpinang

Molen Bakal Libatkan Peran Masyarakat dan UMKM untuk Pulihkan Ekonomi Usai Dihantam Pandemi Covid-9

Molen, sapaan akrab Maulan Aklil, mengatakan, pemerintah daerah harus segera mengejar kebangkitan perekonomian.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang akan melibatkan partisipasi masyarakat dan pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM) dalam memulihkan perekonomian usai dihantam pandemi Covid-19.

"Nanti ada event-event (kegiatan, red) yang dibuat, ini agar ekonomi kita bergerak," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, kepada Bangkapos.com, Sabtu (27/8/2022).

Molen, sapaan akrab Maulan Aklil, mengatakan, pemerintah daerah harus segera mengejar kebangkitan perekonomian.

Sejumlah kegiatan yang diharapkan bisa memulihkan kondisi perekonomian adalah memanfaatkan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, dengan beraneka ragam kegiatan dan acara menarik masyarakat. Mulai dari pawai hingga karnaval budaya.

Kemudian dilanjutkan dengan festival pesta rakyat yang diselenggarakan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Alun-alun Taman Merdeka mulai 24-28 Agustus 2022. Kegiatan ini mampu menyedot perhatian masyarakat karena ada beragam pertunjukan.

Tidak hanya itu, Pemkot Pangkalpinang juga merancang sebuah event besar pada September 2022 mendatang, yaitu HUT ke-265 Kota Pangkalpinang, yang diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi bergairahnya perekonomian di daerah itu.

"Insyaallah, untuk hari ulang tahun Kota Pangkalpinang, kita akan persembahkan lagi hadiah untuk masyarakat, biar lebih heboh lagi," beber Molen.

Pemulihan ekonomi ini dengan melibatkan ratusan pelaku UMKM di Pangkalpinang dalam setiap kegiatan. Pelibatan UMKM ini bisa dijadikan sebagai ajang mulai bergeraknya perekonomian.

Terlebih jumlah UMKM di Pangkalpinang begitu banyak. Maka, dengan partisipasi masyarakat yang tertarik belanja atau membeli produknya, dengan sendirinya akan semakin banyak orang berdatangan untuk berbelanja.

Jika digerakkan secara bersama-sama, peluang pulihnya perekonomian semakin cepat. Tentu ini menjadi sebuah kekuatan yang mampu mengangkat perekonomian lokal.

"Ini untuk masyarakat Kota Pangkalpinang khususnya dan Bangka Belitung umumnya. Mudah-mudahan ini menjadi hiburan setelah dua tahun lebih, sampai tiga tahun ini kita tidak pernah melaksanakan kegiatan seperti ini lagi," ucap Politikus PDI-P ini.

Pihaknya optimistis, dengan adanya beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut benar-benar mampu membuat perekonomian di Pangkalpinang terus tumbuh dan berimbas terhadap kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Motivasi masyarakat saat ini untuk pemulihan ekonomi juga sudah ada. Melalui kegiatan-kegiatan melibatkan UMKM, mampu menimbulkan efek yang luar biasa.

"Kalau pemimpinnya semangat, masyarakat semangat. Kalau pemimpinnya itu sudah pesimis tidak optimis bagaimana kita mau memajukan daerah ini," tandas Molen. (Bangkapos.com/Cepi Marlinato)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved