Berita Kriminalitas

Polres Bangka Tengah Ringkus Nelayan yang Jadi Pengedar Narkoba, Pelaku Ditangkap saat Bungkus Sabu

Penangkapan pengedar narkoba bernama Egin Saputra (27) dilakukan di rumah kontrakan yang beralamatkan di Jalan Lama RT. 04, Desa Kurau Barat. 

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Ilustrasi pelaku kejahatan. 

POSBELITUNG.CO -- Satu orang pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba, pada Jumat (26/8/2022) malam di Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil diringkus Anggota Satres Narkoba Polres Bangka Tengah.

Penangkapan pengedar narkoba bernama Egin Saputra (27) dilakukan di rumah kontrakan yang beralamatkan di Jalan Lama RT. 04, Desa Kurau Barat. 

"Pelaku ini sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan dan juga berperan sebagai pengedar dan memiliki, menyimpan, menguasai narkotika jenis sabu-sabu," kata Kasatres Narkoba Polres Bangka Tengah, Iptu Windaris kepada Bangkapos.com, Sabtu (27/8/2022).

Baca juga: 1.175 Personel Bakal Dilibatkan dalam Pengamanan G20 di Belitung, Polda Babel Matangkan Persiapan

Baca juga: Anak 4 dan Alami Disabilitas, Tersangka Jual BBM Subsidi Solar di Basel dapat Penangguhan Penahanan

Pihaknya saat ini gencar memerangi peredaran narkoba yang merupakan salah satu atensi pimpinan Polri.

Menurutnya,  penangkapan terhadap Egin dilakukan setelah pihak kepolisian mendapatkan informasi dari warga bahwa aktivitas pelaku sebagai bandar sudah sangat meresahkan.

Egin Saputra (27), pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika saat diperiksa di Polres Bateng, Koba, Jumat (26/8/2022) malam.
Egin Saputra (27), pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika saat diperiksa di Polres Bateng, Koba, Jumat (26/8/2022) malam. (Ist/Satresnarkoba Polres Bangka Tengah)

Berbekal informasi tersebut, pihaknya kemudian melakukan upaya penyelidikan lebih lanjut dan melakukan upaya paksa dengan menyergap pelaku.

"Dari penyergapan tersebut, kami mendapatkan barang bukti berupa narkoba jenis sabu-sabu yang memang sedang dibungkus oleh pelaku dalam plastik bening berukuran kecil," ungkap Windaris.

Baca juga: Polsek Tanjungpandan Siagakan Personel di Setiap SPBU, Kapolsek: Arahan Pak Kapolda Jelas

Polisi berhasil mengamankan barang bukti dantaranya, narkotika jenis sabu dengan berat bruto 2,05 gram, satu bal plastik strip bening, satu unit smartphone dan uang tunai Rp500.000.

"Pelaku beserta barang buktinya saat ini sudah diamankan di Polres Bangka Tengah untuk ditindaklanjuti perkaranya," kata Windaris.

Menurutnya, pelaku patut diduga melanggar Pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara di atas 5 tahun.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra/Rilis)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved