Pos Belitung Hari Ini

Buka Rute Penerbangan Jelang DWG G20, Maskapai Super Air Jet Siap Terbangi Belitung

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional H AS Hanandjoeddin terus berbenah demi menyambut kedatangan delegasi awal September 2022.

Editor: Novita
Posbelitung.co/Jariyanto
Ornamen berbentuk huruf TJQ yang merujuk pada kode penerbangan serta daun simpor di Bandara Internasional H AS Hanandjoedddin Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Gaung pelaksanaan Development Working Group (DWG) G20 di Belitung terus menggema. Sejumlah pihak juga siap mendukung suksesnya G20 ini. Termasuk maskapai penerbangan.

Demi mendukung suksesnya penyelenggaraan DWG G20 di Belitung, banyak maskapai penerbangan yang menambah penerbangan (extra flight). Di antaranya maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Air Asia hingga Sriwijaya Air. Bahkan terdapat satu maskapai yaitu Super Air Jet (SJA), siap membuka rute penerbangan dari dan ke Belitung.

"Memang belum sekarang. Rata-rata itu mulai dari tanggal 4 September. Karena itu untuk mendukung pelaksanaan G20 di Belitung," ujar Executive General Manajer (EGM) PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Internasional H AS Hanandjoeddin, Khaerul Assidiqi, kepada Pos Belitung, Senin (29/8/2022).

Menurutnya, kondisi arus penumpang saat ini berkisar antara 1.500 sampai 1.600 orang per hari dari take off dan landing. Bahkan kondisi ramainya penumpang telah terjadi di hari biasa tidak hanya akhir pekan.

"Mungkin nanti puncaknya itu bisa naik hampir 2.000 orang," kata Khaerul.

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional H AS Hanandjoeddin terus berbenah demi menyambut kedatangan para tamu delegasi awal September 2022. Berbagai pembenahan dilakukan hampir di semua sisi bandara. Mulai dari terminal kedatangan, keberangkatan, marka apron, area parkir dan lainnya.

Pembenahan infrastukur seperti mempercantik area dengan pengecatan ulang, dekorasi, penambahan tulisan G20 dan taman di sudut bangunan.

"Intinya, kami dari PT Angkasa Pura II siap mendukung G20 di Belitung. Beberapa pembenahan yang dilakukan itu sudah 90 persen dan target akhir Agustus selesai," kata Khaerul.

Ia menambahkan, area parkir bandara yang menjadi perhatian juga telah dilebarkan dan manajemen akan mengubah arah keluar masuk kendaraan sehingga lebih lancar. Disamping itu juga pintu masuk dan keluar akan ditambah demi kelancaran arus kendaraan agar tidak terjadi kemacetan.

"Jadi arus kendaraan antara keberangkatan dan kedatangan itu tidak ketemu. Kami tetap upayakan yang terbaik bagi masyarakat," katanya.

Wajib Booster

Pekerja mengaspal jalan akses Bandara H AS Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Minggu (28/8/2022). Pembenahan terus dikebut menjelang perhelatan G20 yang tinggal sepekan lagi.
Pekerja mengaspal jalan akses Bandara H AS Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Minggu (28/8/2022). Pembenahan terus dikebut menjelang perhelatan G20 yang tinggal sepekan lagi. (Posbelitung.co/Jariyanto)

Sementara itu, pihak Bandara Internasional H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan mulai memberlakukan Surat Edaran Kemenhub Nomor 82 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19, Senin (29/8/2022) kemarin.

Khaerul Assidiqi mengatakan, pada aturan baru tersebut mewajibkan penumpang pesawat usia di atas 18 tahun wajib vaksin booster. Selain itu, penumpang juga harus memiliki aplikasi PeduliLindungi.

"Kalau baru menerima vaksin dua tidak diperkenankan melakukan perjalanan. Jadi dalam aturan baru ini tidak ada lagi swab PCR atau antigen," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved