Peresmian PT MPL Oleh Bupati Belitung

Bupati Sanem Resmikan Kawasan Industri di Pegantungan

Dorong pengembangan industri Bupati Sanem berterimakasih kepada para investor dan stake holder yang telah memberikan kontribusi.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Tedja Pramana
Bupati Belitung Sahani Saleh menandatangani prasasti peresmian kawasan pabrik PT Mitra Propindo Lestari pada Rabu (31/08/2022)
Bupati Belitung Sahani Saleh menandatangani prasasti peresmian kawasan pabrik PT Mitra Propindo Lestari pada Rabu (31/08/2022) (Dede Suhendar)

POSBELITUNG.CO - Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) meresmikan kawasan industri PT Mitra Propindo Lestari (MPL) yang terletak di Dusun Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau pada Rabu (31/8/2022).

Perusahaan ini telah membangun tiga pabrik yang memproduksi seng plastik, pipa pvc, dan perakitan mesin plastik. Bahkan pada November 2022 mendatang akan dibuka lagi satu pabrik alumunium yang memproduksi pintu dan kusen.

Berawal pada 2018, Tjen Jung Sen selaku founder PT MPL yang merupakan putra asli Belitung memberanikan diri berinvestasi sebagai pionir kawasan industri di Negeri Laskar Pelangi.

"Pak Tjen Jung Sen berkenan pulang kampung membangun daerahnya. Mudah-mudahan dengan kontribusi beliau di sektor industri, masyarakat Belitung mendapat dampak ekonomi yang besar," ujar Direktur Utama PT MPL Tri Apriliansyah.

Ia menjelaskan, dalam proses produksi, PT MPL menerapkan sistem berbasis ramah lingkungan dalam rangka mendukung program pemerintah.

Oleh sebab itu, bahan dasar yang diolah perusahaan tersebut berasal dari sampah plastik masyarakat berupa botol minuman kemasan dan limbah plastik rumah tangga. Sampah-sampah dikumpulkan bekerja sama dengan pemda diolah menjadi biji plastik sebagai bahan baku pembuatan seng dan pipa pvc.

"Insyaa Allah ke depan kami akan mencetak helm, mesinnya sudah datang. Nanti juga ada mesin biji plastik diolah menjadi benang plastik untuk kebutuhan baju olahraga," katanya.

Demi mencukupi kebutuhan baku 10 ton plastik per hari, PT MPL membuka kerja sama bagi pihak-pihak yang bersedia menyediakan sampah plastik.

Sebab, sementara ini mereka harus mendatangkan bahan baku dari luar daerah buat menutupi kebutuhan tersebut. Dari jumlah sekitar lima ton bahan baku bisa mengasilkan seng sekitar 2.800 keping per hari.

"Produksi pipa pvc itu satu jam sebanyak 12 batang pipa ukuran empat dim," katanya.

Sementara ini PT MPL memang belum menjual bebas tapi baru tahap uji coba di beberapa perusahaan sebagai testimoni berkaitan mutu dan kualitas produk. Selain itu masih menunggu keabsahan merek dagang yang direncanakan selesai bulan depan.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan kami juga minta dukungan dari seluruh stakeholder di Belitung," katanya.

(advertorial/dol)

Manajemen PT MPL berfoto bersama jajaran forkompimda kab Belitung (31/08/2022)
Manajemen PT MPL berfoto bersama jajaran forkompimda kab Belitung (31/08/2022) (Dede Suhendar)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved