G20 Belitung

Hadiri DMM G20 Belitung, Luhut Binsar Panjaitan Cicipi Es Jeruk Kunci Khas Babel

Kunjungannya ke Museum Maritim tentu berkaitan erat dengan bidang yang memang ditanganinya di Kemenko Marves.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Tedja Pramana
IST/Kominfo Babel
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan hadir di tengah acara G20 pada Rabu (7/9/2022). Ia mencicipi es jeruk kunci khas Bangka Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sejumlah tokoh penting hadir dalam Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Kabupaten Belitung yang dimulai dari 7-9 September 2022.

Selain ratusan delegasi dari 22 negara, hadir pula Menteri Badan Pembangunan Perencanaan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan hadir di tengah acara G20 sejak Rabu (7/9/2022) kemarin.

Mereka ini mengikuti sejumlah agenda yang telah dibuat dalam G20 dari Development Ministerial Meeting Side Event-Seminar on The Development of Indonesia's Blue Economy Roadmap hingga Gala Dinner G20 Development Ministerial Meeting Side Event di hotel Sheraton Belitung.

Ketika datang ke Belitung pada Rabu (7/9/2022), sejumlah menteri disambut sejumlah tarian tradisional hingga disuguhi minuman segar khas Bangka Belitung seperti es jeruk kunci.

"Ini jeruk kunci pak. Kandungan vitamin C-nya tinggi, silakan dicoba. Ini khas sini," jelas Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin dikutip dari laman kominfo Babel, Kamis (8/9/2022).

"Oh ya, apa bedanya dengan jeruk yang lain," tanya Menkomarves Luhut.

Kemudian Ridwan menjelaskan bahwa jeruk kunci ini kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Selain itu, jeruk khas Bangka Belitung tersebut dideskripsikan Ridwan, memiliki ukuran yang kecil, berwarna kulit hijau tua, air perasannya cenderung bening, dan bercita-rasa asam segar.

Usai menikmati segelas minuman jeruk kunci, Menko Luhut diajak Pj Gubernur berkeliling Belitung, melewati bundaran Batu Satam serta mengunjungi Museum Maritim di Desa Tanjung Tinggi.

Kunjungannya ke Museum Maritim tentu berkaitan erat dengan bidang yang memang ditanganinya di Kemenko Marves.

Sebab museum tersebut menjadi saksi sejarah bahwa memang Indonesia merupakan negara kepulauan, negara maritim, yang dulu leluhurnya adalah seorang pelaut/pelayar.

G20 Belitung Cukup Baik

Sementara, Anggota Komisi III DPRD Babel, Yoga Nursiwan mengatakan pelaksanaan G20 Belitung telah terlaksana cukup baik dan disambut antusias masyarakat lokal.

"Persiapan G20 di Pulau Belitung saya rasa sudah cukup baik, dari mulai pembangunan sudah rampung sebelum acara dari mulai ruang VVIP di Bandara Hanandjoeddin dan jalan-jalan pusat kota sudah dibenahi," Yoga Nursiwan.

Yoga, politikus Golkar asal Belitung ini mengajak semua pihak baik masyarakat, Stakeholder dan pemerintah harus memberi kesan yang baik selama berlangsungya G20.

"Kami juga berharap dan mengajak tentunya para masyarakat, stakeholder dan pemerintah turut mensukseskan dengan menunjukkan keramahan penduduk Babel dalam menyambut para peserta G20 di Pulau Belitung," ujarnya.

Ia mengharapkan, para pemuda pemudi yang ikut memeriahkan acara Internasional ini, dapat bersama-sama menyemarakanya.

"Saya kira pemuda pemudi di Belitung akan ikut memeriahkan dengan antusias, yang kabarnya akan ada perhelatan semacam pesta rakyat atau disebut festival 20 dalam menyemarakkan agenda bergensi itu," katanya.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved