G20 Belitung

Luhut Binsar Panjaitan Disuguhi Es Jeruk Kunci, Produk Unggulan Babel

Banyak produk lainnya yang dihadirkan dalam event G20 di Belitung, baik dari makanan hingga barang yang dapat dipakai.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Tedja Pramana
IST/Kominfo Babel
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mencicipi es jeruk kunci khas Bangka Belitung, Rabu (7/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan hadir pada acara G20 yang dimulai, Rabu (7/8/2022) kemarin.

Ketika datang ke Belitung pada Rabu (7/9/2022) kemarin, sejumlah menteri diperlihatkan budaya dan makanan khas di Bangka Belitung.

Tak terkecuali Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang disuguhi minuman es jeruk kunci saat tiba di Belitung.

Kening Luhut terlihat mengkerut ketika es jeruk yang dingin masuk ke dalam mulutnya.

"Apa bedanya dengan jeruk yang lain," tanya Menkomarves Luhut ke Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin.

Kemudian disampaikan Pj Gubernur Babel, minuman tersebut merupakan buah jeruk kunci yang khas dari Babel.

"Ini jeruk kunci, pak. Kandungan vitamin C-nya tinggi, silakan dicoba. Ini khas sini," jelas Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin.

Sekretaris Dinas KUKM Provinsi Bangka Belitung, Riza Aryani mengatakan, minuman es jeruk kunci merupakan produk unggulan yang dimiliki oleh Bangka Belitung.

Dikatakannya, buah jeruk kunci berbeda dengan jeruk lainya yang ada di Indonesia.

Sehingga memiliki rasa berbeda. Terutama banyak mengandung vitamin C.

"Jadi jeruk ini memiliki rasa yang berbeda seperti halnya jambu kalamansi dari Jambi. Kalau di Babel ada jeruk kunci. Sudah banyak bule-bule dari delegasi juga mencicipinya," kata Riza ditemui di sela aktivitasnya.

Selain jeruk kunci, Riza mengatakan banyak produk lainnya yang dihadirkan dalam event G20 di Belitung, baik dari makanan hingga barang yang dapat dipakai.

"Semua ditampilkan, terutama produk unggulan ciri khas Babel dari kain cual, resam, makanan yang berasal dark perikanan. Sempat dicici bule perwakilan delegasi," ujarnya.

Riza menambahkan, selama pelaksanaan G20 sebanyak ratusan UMKM dihadirkan untuk dapat memperkenalkan produk asal Babel ke negara luar.

"Ada sekitar 200 UMKM ditampilkan dengan produk unggulan masing-masing. Semoga produk kita makin dikenal dan banyak disukai," harapnya.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved