Berita Belitung Timur

Perwakilan Penambang dan LSM Temui Ketua DPRD Beltim, Ini Tujuannya

Sejumlah perwakilan penambang dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) menemui Ketua DPRD Belitung Timur (Beltim), Fezzi Uktolseja.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
istimewa
Sejumlah penambang dan LSM saat audiensi di DPRD Belitung Timur, Rabu (7/9/2022). (Ist/Pribadi) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Sejumlah perwakilan penambang dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) menemui Ketua DPRD Belitung Timur (Beltim), Fezzi Uktolseja. Tujuannya untuk menyampaikan aspirasi, antara lain tentang penerbitan wilayah pertambangan rakyat (WPR) yang sampai kini belum ada kejelasan.

WPR sendiri pada awal Tahun 2022 lalu dikatakan oleh Bupati Belitung Timur, Burhanudin akan diusulkan supaya masyarakat penambang bisa menambang secara legal.

Merespon aspirasi tersebut, Fezzi mengatakan akan segera melakukan pembahasan bersama anggota dewan lain untuk menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat (RDP).

"Kami wakil rakyat sudah sewajibnya menerima aspirasi rakyat. Kami akan tindaklanjuti dengan RDP supaya semuanya clear, progresnya dan juga hambatannya seperti apa dari pihak pemerintah maupun masyarakat penambang. Sesegera mungkin supaya semuanya ada titik terang," kata Fezzi, Kamis (8/9/2022).

Sementara itu, Bupati Belitung Timur, Burhanudin menyatakan bahwa saat ini pengusulan WPR sudah dilakukan oleh pihaknya kepada kementerian terkait. Dia mengaku sudah mendapat balasan dari kementerian dan bilang bahwa saat ini WPR ditentukan Gubernur sesuai dengan kewenangannya.

"Jadi pemda tidak diam saja. Semuanya harus ikut aturan. Mengurus WPR kan bukan semudah membalikkan telapak tangan. Ada koridor aturan yang harus kita penuhi," tegas Burhanudin.

"Ini rakyat saya kok, rakyat Beltim. Tidak mungkin saya membiarkan mereka dan tidak mungkin menjebloskan mereka ke penjara. Saya tau kok mereka makan minum dari tambang ini, cuman kita tau koridornya mana yang boleh ditambang dan mana yang tidak boleh ditambang. Jangan kambinghitamkan ubpati, bupati tidak nambang kok," katanya. ( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved