G20 Belitung

Bule Asal Prancis dan Eropa Icip-icip Es Belitung, Puji Rasa dan Harga yang Murah Meriah

Siraman susu kental makin menambah rasa manis. Sensasi dingin es yang mencair di lidah, membuat es ini paling pas dinikmati saat cuaca panas.

IST/Dok Toni Drugstore
Bule peserta G20 mencicipi Es Belitung dari Warkop Sambas. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sweet, savory, very interesting (Manis, gurih, sangat menarik). Begitulah puji Phillips, bule asal Prancis usai mencicipi es Belitung.

Tampil santai mengenakan kaos biru, ia ramah menyampaikan kesannya usai mencoba es Belitung saat mengunjungi bazar UMKM Festival G20 di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan, Kamis (8/9/2022) malam.

" Es Belitung enak sekali. Lima ribu rupiah, murah sekali," katanya mengucapkan Bahasa Indonesia dengan pelafalan yang cukup baik.

Tak saja Phillips, Pemilik UMKM Es Belitung Toni Drugstore juga sekaligus kedatangan Martin, bule asal Eropa yang mampir ke stannya. Ia pun menyambut kedua tamu yang datang berbarengan dengan momen G20.

Ia bersyukur kedua bule ini terkesan saat mencicipi Es Belitung buatannya. Meski semula acara ini digelar untuk menarik masyarakat agar turut merasakan gaung G20, tapi rupanya juga mampu menarik minat tamu luar negeri untuk ikut datang dan membeli produk UMKM.

"Mudah-mudahan ke depan makin banyak tamu dari luar negeri yang datang ke Belitung," harapnya.

Seperti kata Phillips, es Belitung dari Warkop Sambas ini memang memiliki rasa manis dan gurih. Es berwarna merah muda ini disajikan lengkap dengan kacang hijau dan tapai.

Siraman susu kental makin menambah rasa manis. Sensasi dingin es yang mencair di lidah, membuat es ini paling pas dinikmati saat cuaca panas.

Dinamakan dengan nama Belitung, es ini memang jadi jajanan favorit masyarakat Belitung sejak lama. Sebenarnya terdapat beberapa penjual es Belitung. Dulunya, es ini dijajakan keliling menggunakan sepeda.

Es Belitung dari Warkop Sambas ini, misalnya, merupakan resep legendaris tiga generasi. Resep es tersebut diwarisi Toni dari kakeknya yang dulu menjual es ini berkeliling. Proses pembuatannya pun memerlukan waktu 3-4 jam.

Dihari-hari biasa, es Belitung ini bisa dibeli di Warkop Sambas, yang lokasinya di Jalan Air Ketekok di samping Jalan Gang Sambas. Hanya dalam momen G20 ini, es tersebut dijual di Festival G20 di depan Galeri KUMKM.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved