Advertorial

G20 Belitung, Delegasi Takjub pada Keindahan dan Jamuan

PERTEMUAN Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Belitung pada 7-9 September 2022 telah usai

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
IST
MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan berkunjung ke Belitung 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Pertemuan Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Belitung pada 7-9 September 2022 telah usai. Terdata ada sekitar 164 delegasi menteri dan non menteri yang hadir, mulai dari utusan negara asal hingga perwakilan organisasi dunia.

G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara negara dengan perekonomian besar di dunia, terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa. Forum ini merupakan representasi lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie SSn MSi mengatakan, peserta G20 mengapresiasi sambutan dan pelayanan yang diberikan. Mulai dari turun dari pesawat hingga kepulangan. Begitu juga jamuan, menghadirkan beragam menu serta mayoritas masih terbilang sangat alami. Tak hanya itu, keindahan panorama alam juga membuat mereka terpukau.

"Awalnya delegasi-delegasi ini tidak menyangka pulau yang semula tidak mereka kenal, memiliki kealamian yang luar biasa, itu membuat mereka terpukau. Pulau Lengkuas juga bikin takjub,” kata Isyak, Jumat (9/9/2022).
“Delegasi dari Amerika kaget melihat Belitung, sebab awalnya tidak tahu tentang Belitung.”

Para delegasi, lanjutnya, menganggap Pulau Belitung merupakan daerah yang cocok menjadi destinasi berwisata serta berinvestasi. Beberapa di antaranya, seperti dari Meksiko Arab Saudi, dan Spanyol bakan mengaku akan kembali lagi.

Isyak Meirobie menyebut peluang kerja sama antarnegara di balik DMM G20. Jika para delegasi datang kembali, mereka akan akan menjatuhkan satu pilihan yaitu investasi antar negara di Belitung.

“Kalau di hatinya sudah merasa nyaman, muncul trust. Mereka akan mulai berpikir bagaimana bisa menjalin kerja sama ke depannya dengan Belitung. Hospitality yang diberikan oleh panitia Indonesia, ada keramahan, kenyamanan, service yang excellent, serta memberikan informasi yang baik menurut para delegasi,” ujarnya.

Menurut Isyak, kunci utama DMM G20 ini adalah bagaimana melahirkan komitmen antar para negara G20, maupun di server yang bisa menentukan arah dunia. Akan tetapi dibalik itu, Belitung sebagai venue mengambil banyak hal penting.

Even ini adalah momentum bersejarah bagi Belitung untuk membangun sebuah kepercayaan. Kepercayaan inilah yang akan melahirkan banyak investasi ke depannya.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved