PT Mowilex Tanam 10.000 Mangrove di Belitung

PT Mowilex Indonesia bekerja sama dengan PSKL , KLHK meneruskan program penanaman pohon. Ini bagian dari program Mowilex Sustainability Initiative.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
POSBELITUNG/DEDE S
Dirjen PSKL KemenKLHK Jo Kumala Dewi menyerahkan plakat penanaman pohon kepada Regional Retail Manager Sumatera PT Mowilex Indonesia Arifin lin dalam acara penanaman 10.000 bibit mangrove di HKm Seberang Bersatu pada Jumat (9/9/2022). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- PT Mowilex Indonesia bekerja sama dengan Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meneruskan program penanaman pohon. Ini merupakan bagian dari program Mowilex Sustainability Initiative.

Reforestrasi ini kemudian menggandeng Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Tanjungpandan, Belitung. Pada Jumat (9/9) digelar penanaman 10.000 bibit mangrove.

Kegiatan penanaman ke-4 tersebut dilaksanakan secara padat karya oleh kelompok perhutanan sosial sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan serta memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat. Mowilex menargetkan menanam hingga 50.000 bibit pohon yang diharapkan menjadi bagian dari investasi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim.

-
- (POSBELITUNG/DEDE S)

“Kami memulai penanaman pohon dan khususnya mangrove di wilayah Tukad Mati, Bali pada tahun 2020. Kami memilih fokus pada mangrove karena mampu menyerap karbon lebih banyak dibanding pohon tropis lainnya. Melalui isu perubahan iklim yang terjadi, upaya penanaman mangrove kami anggap sebagai langkah tepat agar dapat berkontribusi menurunkan karbon di masa mendatang,” ujar Direktur Marketing PT Mowilex Indonesia Anna Yesito Wibowo.

Ia menjelaskan, memiliki visi yang sama dengan isu yang diangkat pada G20 tentang perubahan iklim, Mowilex telah memulai program corporate social responsibility (CSR) yang dibuat dalam kampanye Mowilex Sustainability Initiative memiliki tiga pilar yaitu Kurangi, Hindari, Offset pada tahun 2019.

Mowilex telah melakukan banyak inisiatif, perubahan serta mengurangi dan mengganti beberapa hal terkait operasionalnya dan menjadi perusahaan manufaktur pertama yang tersertifikasi netral karbon di Indonesia.

Selain penanaman pohon, produsen cat premium ini juga berkontribusi dalam program Konservasi Indonesia dan Pemerintah Sumbawa, yaitu melindungi habitat Hiu Paus serta mendukung ekowisata agar kelestarian Hiu Paus terus terjaga. Melakukan penghijauan pada hutan di Rimba Raya, Kalimatan, yang merupakan habitat bagi ratusan Orang Utan.

"Semua inisiatif ini dilakukan utuk turut andil dalam langkah memitigasi perubahan iklim," kata Anna.

Sementara itu, Direktur PSKL KLHK Jo Kumala Dewi mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif Mowilex yang memberikan dampak baik bagi hutan, lingkungan dan masyarakat. Kawasan hutan mangrove mampu menyimpan karbon sebanyak empat sampai lima kali lebih banyak daripada hutan tropis daratan, terutama kandungan dalam tanahnya. Selain itu, menjadi rumah bagi biota pesisir serta ekosistem secara keseluruhan.

"Kemarin di G20, sudah dipromosikan bahwa mangrove memiliki peran yang sangat penting mengatasi isu perubahan iklim," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jo Kumala Dewi berpesan agar semua upaya penanaman dijaga sehingga ke depan mampu mendatangkan manfaat.

-
- (POSBELITUNG/DEDE S)

Tentang PT Mowilex

PT Mowilex Indonesia (PT Mowilex), anak perusahaan dari Asia Coatings Enterprises Pte Ltd, adalah perusahaan yang memproduksi cat dan pelapis premium. Sejak meluncurkan produk cat berbahan dasar air pertama buatan Indonesia pada 1970, perusahaan berwawasan komunitas ini telah memperluas komitmennya terhadap etika lingkungan, kesetaraan, dan inovasi.

PT Mowilex adalah manufaktur cat pertama yang bersertifikat netral karbon di Indonesia yang memproduksi cat warna kontemporer tanpa atau rendah VOC. Perusahaan ini juga secara rutin meraih penghargaan atas tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam upaya berkelanjutannya. (advertorial/dol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved