Berita Belitung

10 Tahun Buka Usaha Kuliner Belitung, Desi: Produk Unggulan Kami Berego

Makanan ini cukup digemari, terbukti banyaknya pesanan untuk disajikan di acara-acara kantor atau acara lainnya.

Penulis: Tedja Pramana | Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co/tedja pramana
Desi Aryani, pemilik usaha katering warga Jalan Mualim menunjukan kuliner berego buatannya. Foto diambil, Sabtu (10/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Berego, makanan khas Belitung tidak hanya nikmat dikonsumsi saja, namun juga memiliki nilai ekonomi untuk menambah pendapatan keluarga.

Desi Aryani, pemilik usaha katering warga Jalan Mualim Tanjungpandan mengaku produk unggulannya adalah berego disamping kuliner lainnya seperti nasi kotak, kue basah hingga kue kering untuk lebaran.

Alasannya, tidak banyak lagi orang Belitung yang bisa membuat berego. Berego ini layaknya kue gulung terbuat dari tepung beras dan terigu yang biasa disajikan dengan kuah ikan.

"Saya bangga menggeluti kuliner gerego ini. Karena makanan tradisional Belitung ini sudah hampir punah, tidak banyak lagi orang yang bisa membuat berego," kata Desi Aryani kepada Posbelitung.co, Sabtu (9/8/2022) lalu.

Menurutnya, makanan ini cukup digemari, terbukti banyaknya pesanan untuk disajikan di acara-acara kantor atau acara lainnya.

"Dua hari kemarin, Kamis dan Jumat sudah terjual 300 porsi berego pesanan konsumen. Harganya tidak terlalu mahal, satu porsi hanya Rp 10 ribu saja," kata Desi.

Desi menggeluti bisnis kuliner dengan produk unggulan berego ini sudah hampir 10 tahun, meneruskan bisnis orangtuanya yang juga jualan makanan khas Belitung seperti lakse termasuk berego.

"Saya ingin mengangkat berego, makanan khas Belitung ini sudah hampir punah. Orang tua-tuapun sekarang sudah tidak banyak yang bikin berego, makanya jarang ditemui berego dijual di pasar," kata ibu dua anak ini.

Awalnya ia membuat outlet, namun perkembangannya banyak pesanan masuk yang sifatnya harus diantar ke rumah konsumen. Akhirnya outlet ia tutup dan ia menerima pesanan dari rumah.

Sejak 2017, ia mulai memposting produk kuliner berego buatannya di akun facebook ia beri nama ‘Berego Mak Desi' untuk menjaring konsumen yang lebih luas.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved