Berita Belitung

Terkait Pencatutan Nama oleh Parpol, KPU Belitung Gelar Pleno Tanggapan Masyarakat

Pengecekan tersebut dilakukan melalui laman info pemilu dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
dok pribadi Aris
Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar menyerahkan berita acara pleno kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heickal Fackar pada Sabtu (10/9/2022) malam. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - KPU Kabupaten Belitung bersama Bawaslu serta jajaran terkait menggelar rapat pleno hasil klarifikasi atas tanggapan masyarakat terhadap keabsahan dokumen persyaratan partai politik pada Sabtu (10/9/2022) malam.

Pleno tersebut merupakan tindaklanjut dari tanggapan masyarakat yang merasa namanya tercantum padahal tidak pernah mendaftar sebagai anggota parpol.

Pengecekan tersebut dilakukan melalui laman info pemilu dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Dari hasil pengecekan dan klarifikasi tanggapan masyarakat itu ada tujuh orang yang merasa namanya dicatut dari lima parpol," ujar Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar kepada posbelitung.co pada Minggu (11/9/2022).

Ia menjelaskan tahapan tanggapan masyarakat dibagi menjadi empat termin mulai dari tanggal 1Agustus-14 September termin pertama, 15 September-12 Oktober termin kedua, 15 Oktober-9 Nopember termin ketiga dan 10 Nopember-7 Desember termin ketiga.

Menurutnya selama masa termin tersebut, masyarakat diminta pro aktif melakukan pengecekan nama melalui laman info pemilu.

Pada laman tersebut dipilih menu cek anggota parpol dengan memasukan NIK masing-masing.

Kemudian pilihan kedua, masyarakat bisa langsung datang ke help desk KPU Kabupaten Belitung dan operator SIPOL akan melakukan pengecekan.

"Makanya masyarakat di sini dituntut aktif mengecek nama mereka. Memang ada belasan orang yang mengecek tapi hanya tujuh orang melapor," ungkap Aris.

Ia menegaskan bahwa pengecekan nama sangat penting terutama bagi ASN, TNI Polri yang tidak diperbolehkan terdaftar sebagai anggota parpol.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved