Berita Lokal

Pulau Tujuh Sudah Jadi Milik Kepri, Anggota DPRD Babel Ajak Masyarakat Rebut Kembali

Sejarawan Akhmad Elvian, mengatakan, dengan melihat peta geologi setelah tahun 1869, terdapat peta yang memasukan Pulau Tujuh ke dalam provinsi babel

Penulis: Khamelia CC | Editor: Khamelia
IST/Tim Video Bapos
Bangka Pos Group menggelar dialog yang dikemas dalam program Ngobrol Bareng Politisi 2024 (Ngopi 24) bersama dengan Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, pada Minggu (11/9/2022) malam. 

POSBELITUNG.CO -- Sengketa Pulau Tujuh berakhir usai pemerintah menetapkan pulau tersebut telah menjadi milik Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sengketa telah terjadi hampir 20 tahun.

Akhirnya, gugusan Pulau Tujuh, yakni Pulau Tukong Yu, Pasir Keliling, Penyaman, Lalang, Pekajang, Kembung, dan Jambat, telah ditetapkan pemerintah sebagai ‘milik’ Provinsi Kepulauan Riau.

Sempat dipertahankan Babel sebelumnya, Pulau Tujuh saat ini sudah masuk ke dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Hal itu tertuang dalam terbitnya Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 050-145 tahun 2022 tentang Pemberian dan Pemutakhiran Kode, Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, dan Pulau tahun 2021 yang disahkan tanggal 14 Februari 2022.

Sejak enam bulan lalu, pulau dengan jumlah tujuh gugusan itu bukan lagi termasuk wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Di dalam Kepmendagri Nomor 050-145 tahun 2022, Desa Pekajang di Pulau Tujuh ditetapkan sebagai bagian Kecamatan Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Posisi Desa Pekajang berkode 21.04.02.2001 berada paling atas desa-desa lainnya di Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepri.

Secara geografis, Pulau Tujuh memang lebih dekat dengan Kabupaten Bangka, ketimbang Kepulauan Riau.

Dari Bangka, perjalanan ke Pulau Tujuh hanya tiga jam dari Teluk Limau, Parittiga, Bangka Barat sementara dari Lingga delapan jam.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved