Berita Belitung

Terdata 375 Pencari Kerja di Kabupaten Belitung, Disnaker: Dominan Lulusan SLTA

Disnaker Belitung juga sudah jemput bola dalam hal lowongan pekerjaan ke perusahan-perusahan yang ada di Belitung baik itu negeri maupun swasta.

Penulis: Maggang (mg) | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/Vine febriani
Zola (23) calon pekerja yang sedang membuat kartu angka satu atau kartu kuning di Disnaker Kabulaten Belitung, Senin (12/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Berdasarkan data dari Dinas KUKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, pada tahun 2022 angka pencari kerja di wilayah ini sebanyak 375 orang. Para pencari kerja ini didominasi lulusan SLTA yang sebanyak 266 orang.

Jika dibandingkan, data pencari kerja yang terdata di Disnaker di Kabupaten Belitung tidak ada nilai naik atau turun yang drastis. Tahun 2021 lalu, sebanyak 355 orang, yaitu naik 20 persen di 2022 sebanyak 375 pencari kerja.

Hal ini wajar, karena kemungkinan jurusan yang tidak sesuai dengan lowongan yang tersedia. Pada Agustus 2022, ada 80 persen dari pencari kerja berijazah SLTA yang memiliki status pengangguran.

"Yang menyumbang angka nomor dua yaitu lulusan S1 sebanyak 74 orang, saya juga tidak tau apa penyebabnya," ucap Seksi Bina Penta, Evi kepada posbelitung.co, Senin (12/9/2022).

Akan tetapi, lulusan D-III tidak sebanyak lulusan S1, lulusan D-III ini hanya sebanyak 34 orang saja yang terdata.

Dalam menangani hal ini, Disnaker Kabupaten Belitung sudah melakukan berbagai usaha. Mulai dari sosialisasi pembinaan mental pekerja ke SMA atau SMK, yang mana para calon pekerja disosialisasikan masalah dunia kerja dan motivasi.

Tak hanya itu, Disnaker Belitung juga sudah jemput bola dalam hal lowongan pekerjaan ke perusahan-perusahan yang ada di Belitung baik itu negeri maupun swasta.

"Kami malah senang banget, kalau ada perusahaan yang mau bekerjasama dengan kami masalah mencari tenaga kerja," kata Evi.

Dalam mengupayakan informasi terkat lowongan pekerjaan kepada para pencari kerja, Disnaker sudah menyediakan sosial media Facebook yaitu Lokernaker Belitung, serta Disnaker juga konsisten menginfokan lowongan pekerjaan ke SMK dan SMA di Belitung.

Pantauan Posbelitung.co, tampak seorang laki-laki lulusan SMKN Tanjungpandan tengah membuat kartu angka satu atau sering disebut kartu kuning. Kartu kuning merupakan salah satu syarat dalam melamar kerja di perusahaan.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved