Berita Belitung

Kenaikan Harga BBM dan Sparepart, Assapel Minta Pemkab Belitung Tinjau Tarif Angkutan

Boy berharap Pemkab Belitung melalui dinas teknis bisa meninjau kembali ketetapan tarif angkutan yang sudah tujuh tahun tidak berubah.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co/dede s
Ketua Assapel Suhar Iswandi (kaos hijau) bersama rekannya di shelter Pelabuhan Tanjungpandan pada Selasa (13/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Para sopir truk pelabuhan yang tergabung dalam assosiasi sopir pelabuhan (Assapel) sangat terdampak akibat kenaikan BBM bersubsidi jenis bio solar.

Ketua Assapel, Suhar Iswandi mewakili ratusan rekannya sesama sopir menuturkan pasca harga bio solar naik dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 perliter membuat pendapatan mereka turun drastis.

Ditambah harga sparepart maupun perlengkapan kendaraan yang sudah lama melambung tinggi.

Sementara tarif angkutan barang yang diatur dalam Keputusan Bupati Belitung Nomor 188.45/603/KEP/HUBKOMINFO/2014 tidak pernah berubah semenjak ditetapkan tahun 2014 tidak pernah mengalami penyesuaian.

"Kalau dampak sih jauh sekali yang dirasakan para sopir ini. Terutama ongkos, kalau kami narik ke Jangkang atau Kampit biasanya bisa menyisihkan Rp300 ribu sekarang tinggal Rp100 ribu lebih, itu belum dipotong biaya operasional lain," ujar pria yang akrab disapa Boy itu kepada posbelitung.co pada Selasa (13/9/2022).

Oleh sebab itu, Boy berharap Pemkab Belitung melalui dinas teknis bisa meninjau kembali ketetapan tarif angkutan yang sudah tujuh tahun tidak berubah.

Sementara harga BBM sudah naik ditambah sparepart yang kian mahal.

Ia menuturkan Assapel secara resmi sudah bersurat kepada Ketua DPRD Kabupaten Belitung untuk meminta audensi membahas tarif angkutan.

"Memang kami usulkan naik 35 persen dari kenaikan BBM 31 persen dan sparepart 51 persen. Tapi itu tergantung kesepakatan nanti angkanya berapa," ungkap Boy.

Ia menjelaskan jika dalam satu kali tarikan dengan rute daerah Jangkang, Kabupaten Beltim tarif dibayar sekitar Rp305 ribu.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved