Berita Lokal

BPOM Temukan Kosmetik Tak Ada Izin Edar di Babel, Ini Dampaknya Jika Digunakan

Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Pangkalpinang menemukan ada kosmetik yang tak sesuai ketentuan yang beredar di Bangka Belitung.

Penulis: Khamelia CC | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Loka POM di Kabupaten Belitung saat menyampaikan hasil temuan kosmetik ilegal di Kantor Loka POM, Jalan Sudirman, Pangkalalang, Rabu (3/8/2022). 

POSBELITUNG.CO -- Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Pangkalpinang menemukan ada kosmetik yang tak sesuai ketentuan yang beredar di Bangka Belitung.

Tak sesuai ketentuan tersebut adalah kosmetik yang tidak memiliki izin edar.

"Kita temukan kosmetik sedikit lebih banyak dari obat tradisional, kondisi belum mengkhawatirkan, jumlah tidak banyak, bila dinominalkan tidak lebih dari Rp10 juta," ujar Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Pangkalpinang, Tedy Wirawan, Rabu (14/9/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan kosmetik yang ditemukan ini biasanya masuk kategori skincare untuk pemutih badan.

"Kalau kosmetik yang disukai itu dan dimanfaatkan oleh pengusaha yang nakal adalah pemutih, ditambahkan bahan kimia berbahaya, cirinya putihnya cepat, itu berisiko, memang putihnya cepat tapi itu akan kembali gelap, cenderung lebih gelap dari awalnya," kata Tedy.

Menyikapi kondisi ini, dia berharap agar masyarakat waspada dan cermat dalam mengunakan kosmetik.

"Kita harap masyarakat untuk tidak membeli kosmetik yang tak memiliki izin edar sebab produk itu belum terjamin keamanan, mutu dan manfaat. Kalau sudah ada izin edar artinya sudah terjamin mutu dan diawasi oleh BPOM," kata Tedy.

Tak hanya penjualan secara offline, Balai POM juga melakukan pengawasan untuk penjualan secara online dengan Patroli Cyber.

"Apalagi pada masa pandemi, penawaran beralih melalui online. Kami juga beralih melakukan pengawasan online, ada tim yang melakukan patroli cyber, kami pun mengawasi penjualan produk kosmetik, makanan dan obat yang melalui e commerce, baik sosial media lainnya," kata Tedy.

Dampak buruk penggunaan bahan terlarang untuk kosmetik

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved