Berita Lokal

Daftar Lengkap Harga Bahan Pokok di Kota Pangkalpinang Setelah Kenaikan BBM Bersubsidi

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi berdampak signifikan terhadap harga kebutuhan pokok di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung

Penulis: Khamelia CC | Editor: Khamelia
(Bangkapos.com/Sela Agustika).
Pedagang mengeluhkan imbas harga BBM naik ikut menaikan harga kebutuhan dapur serta sembako masyarakat seperti dirasakan oleh pedagang cabai di Pangkalpinang, Selasa (6/9/2022) 

POSBELITUNG.CO -- Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi berdampak signifikan terhadap harga kebutuhan pokok di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.

Sejumlah barang kebutuhan mengalami pergerakan sejak Presiden Joko Widodo menyampaikan kenaikan BBM, beberapa waktu lalu.

Kabid Pengendalian Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Babel, Fadjri Djagahitam, mengatakan harga barang pokok di Pangkalpinang masih mengalami naik turun berdasarkan pendataan dari Disperindag Babel.

Terutama untuk beberapa jenis kebutuhan yang didatangkan dari luar Bangka Belitung.

"Seperti telur ada dari peternak lokal dan luar pulau Bangka yang dari luar pulau hampir menguasai pasar. Peternak lokal juga masih sering pasang surut kadang beternak dan tidak beternak. Ini kita kendalikan," kata Fadjri kepada Bangkapos.com, Rabu (14/9/2022).

Dia menambahkan, dampak dari kenaikan BBM sejumlah harga barang pokok mengalami pergerakan secara signifikan, terutama untuk beras dan gula.

"Sangat hati-hati pada beras dan gula karena dampak BBM, barang pokok ini paling dipantau apabila terjadi kenaikan," katanya.

Kemudian, upaya pengendalian yang dilakukan, kata Fadjri, pihak melakukan pemantauan ke pasar-pasar, lalu melihat apabila terjadi kenaikan distributor barang akan dimintakan penjelasan.

"Kalau terjadi kenaikan terlalu signifikan distributor kita panggil. Kita tanya apakah ini pengaruh dari kenaikan BBM. Karena sampai saat ini belum signifikan harga naik, tentu kita harapkan mudah-mudahan kedepan bisa ditekan," tegasnya.

Selanjutnya, untuk harga barang pokok seperti minyak goreng, hingga saat ini belum mengalami kenaikan, karena dampak harga BBM bersubsidi.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved