Berita Pangkalpinang

Molen Sambut Baik Instruksi Jokowi, Pemerintah Pusat dan Daerah Pakai Kendaraan Listrik

Maulan Aklil mengatakan, kebijakan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle harus didukung penuh.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil menyambut baik adanya Instruksi Presiden (Inpres) tentang kendaraan dinas pemerintah pusat dan daerah mulai menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle. Hal ini sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat krisis pangan dan energi.

Presiden Joko Widodo meneken Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Jadi itu memang bagus disaat kita lagi krisis pangan dan energi listrik akan menjadi jalan keluarnya," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil kepada Bangkapos.com, Kamis (15/9/2022).

Molen biasa Maulan Aklil disapa mengatakan, kebijakan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle harus didukung penuh.

Hal ini sebagaimana sesuai program penggunaan atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau yang memiliki slogan KBLBB untuk mencapai zero net emission di Indonesia pada 2060.

Pihaknya memang tengah serius berupaya menangani kelestarian lingkungan. Maka dari itu untuk menyelamatkan dunia dari ancaman perubahan iklim semua masyarakat harus jadi aktor utama, dan Inpres ini memberikan semangat untuk mewujudkan hal itu.

"Saya rasa kebijakan itu kita patut dukung," jelas Molen.

Diakui dia, saat ini dirinya bahkan sudah menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai. Dalam kegiatan sehari-hari ia dan keluarga telah menggunakan motor listrik. Karena kendaraan listris diklaim lebih ramah lingkungan.

Maka dari itu, apabila ada kebijakan pemerintah pusat yang menginstruksikan penggunaan kendaraan listrik untuk operasional kedinasan, hal itu sangat dirinya dukung. Sebab lebih murah, hemat dan sehat.

"Motor saja sudah punya saya, mobil saja belum ada yang menjual. Kalau sudah ada ingin pakai listrik saja, lebih murah, hemat dan sehat," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved