Berita Belitung

Program Inovasi Sikantan, Perpustakaan Desa dan Sekolah Bisa Pinjam Koleksi Buku Perpusda

Melalui Sikantan, perpustakaan desa, sekolah atau taman bacaan yang kekurangan koleksi buku, dapat meminjam koleksi dari perpustakaan daerah.

IST/Dok DPKD Kabupaten Belitung
Mobil perpustakaan keliling milik Perpustakaan Daerah Kabupaten Belitung beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung memiliki program inovasi Sikantan atau sirkulasi koleksi antar perpustakaan.

Melalui Sikantan, perpustakaan desa, sekolah atau taman bacaan yang kekurangan koleksi buku, dapat meminjam koleksi dari perpustakaan daerah. Tak tanggung-tanggung, dalam sekali pinjam 50 koleksi buku bisa dipinjam selama 2-3 bulan.

"Melalui program ini nantinya bisa menanggulangi kekurangan buku di perpustakaan desa atau sekolah," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung, Paryanta pada Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, buku yang dipinjam dapat diambil sendiri atau bisa pula diantar. Peminjam pun tak dipungut biaya alias gratis, karena biayanya ditanggung dinas tersebut.

"Begitu sudah selesai dibaca, nanti dapat dikabari jika mau pinjam lagi, agar bisa diantar buku baru sambil mengambil buku yang sebelumnya dipinjam. Dengan demikian dapat memudahkan masyarakat desa yang mau baca tanpa perlu ke Perpusda," kata dia.

Ia menambahkan, koleksi buku di perpusda pun terus ditambah. Tahun ini, misalnya, anggaran penambahan koleksi buku elektronik dan konvensional dialokasikan sebesar Rp50 juta.

"Itu sebenarnya kurang, tapi kami tetap bercita-cita untuk meningkatkan koleksi dengan segala keterbatasan," jelasnya.

Kabid Pengolahan, Layanan, dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung Rukmini juga mengimbau perpustakaan desa, sekolah, komunitas taman bacaan, serta pojok bacaan agar dapat memanfaatkan program layanan Sikantan ini.

Meminjam buku melalui program Si Kantan ini, lanjutnya, bisa dengan datang langsung ke Perpustakaan Daerah atau menginformasikan melalui website dpkd.belitung.go.id. Bisa pula melalui pesan ke alamat surel arpus.belitungkab@gmail.com.

Jika belum mengetahui koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Daerah, dapat mengeceknya melalui online public access catalog (OPAC) inlis.belitung.go.id.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved