Vladimir Putin dan Xi Jinping Bekerjasama, Sepakat Bangun Kekuatan Besar untuk Mengatur Dunia

China dan Rusia bangun kekuatan besar untuk mengambil peran penting dalam mengatur dan memberikan energi positif mengimbangi peran Amerika Serikat

Editor: Hendra
AFP
Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden China, Xi Jinping berjabat tangan 

POSBELITUNG.CO, SAMARKAND, –  Shanghai Cooperation Organisation (SCO) atau Organisasi Kerjasama Shanghai melakukan pertemuan di Samarkand, Uzbekistan, Kamis (15/9/2022).

Seluruh pemimpin negara anggota SCO dikabarkan hadir dalam pertemuan tersebut.

SCO yang merupakan organisasi politik, ekonomi dan keamanan di Eerasia ini beranggotakan China, India, Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Pakistan.

Namun yang menjadi sorotan hubungan antara Presiden China Xi Jinping dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Xi Jinping mengungkapkan kepada  Vladimir Putin bahwa Beijing bersedia bekerja dengan Moskwa untuk membangun kekuatan besar.

Hal tersebut disampaikan Xi kepada Putin di sela-sela pertemuan tingkat tinggi Organisasi Kerjasama Shanghai (CSO) di Samarkand, Uzbekistan, Kamis (15/9/2022).

China bersedia melakukan upaya dengan Rusia untuk mengambil peran kekuatan besar,” kata kata Xi kepada Putin.

“Dan memainkan peran pembimbing untuk menyuntikkan stabilitas dan energi positif ke dunia yang diguncang oleh gejolak sosial,” sambung Xi, sebagaimana dilansir AFP.

Anggota dari SCO meliputi China, India, Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Pakistan.

“Baru-baru ini, kami telah mengatasi dampak pandemi Covid-19, berbicara berkali-kali melalui telepon, dan menjaga komunikasi strategis yang efektif,” ucap Xi.

“Kami sangat bersedia menggunakan pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai ini untuk bertukar pandangan dengan Anda tentang isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama,” imbuhnya.

Xi tiba di Uzbekistan pada Rabu (14/9/2022) dan telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev.

Pembicaraan tersebut membahas memperdalam kerja sama bilateral, masalah regional, dan masalah internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Memimpin Dunia

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved