Berita Belitung

Dewan Kesenian Belitung Ajak Dul Mulok Tiang Balai Kembiri Tampil di Festival Teater Sumatera

Festival yang akan berlangsung di Taman Budaya Sriwijaya, Jakabaring, Palembang ini diikuti oleh 12 komunitas teater dari 9 provinsi di Sumatera.

IST/Screenshot
Ketua Sanggar Tiang Balai Kembiri Kik Sar'ie dan Ketua Dewan Kesenian Belitung, Iqbal H Saputra. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dewan Kesenian Belitung (DKB) akan membawa Dul Muluk Tiang Balai Kembiri Tampil di Festival Teater Sumatera-Palembang pada 29 September-1 Oktober 2022.

Festival yang akan berlangsung di Taman Budaya Sriwijaya, Jakabaring, Palembang ini diikuti oleh 12 komunitas teater dari 9 provinsi di Sumatera.

"Ini tahun kedua Dewan Kesenian Belitung hadir dalam Festival Teater Sumatra (FTS). Tahun lalu, DKB berkolaborasi dengan beberapa seniman lokal, dan membawa dua siswa dari SMA Negei 1 Membalong. Tahun ini, DKB berkolaborasi dengan Kik Sar'ie atau Kik Cer dan kelompok Dul Mulok Tiang Balai Kembiri untuk hadir dengan naskah Puèr," kata Ketua Dewan Kesenian Belitung Iqbal H Saputra, Jumat (16/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, DKB juga sekaligus memperkenalkan Kesenian Tradisi yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Pulau Belitung. Setelah pertunjukan, pihaknya berencana mengadakan seminar untuk memperkenalkan Dul Mulok Belitong di kancah nasional.

Apalagi teater Tradisi Dul Mulok Tiang Balai Kembiri mendapatkan sertifikat Kesenian Komunal Indonesia (KKI), setelah 2012 ditetapkan sebagai WBTB oleh Kemendikbud.

Menurutnya, sudah sejak 2020, DKB mencoba andil dalam pelestarian kesenian ini, salah satunya dengan aktif membawa Dul Mulok Kembiri dalam ekosistem kesenian nasional dan internasional, melalui berbagai event webiner semasa pandemi.

"Kami sedang berkoordinasi dengan para seniman Dul Mulok yang ada di Palembang dan akademisi yang ada di Universitas Sriwijaya, agar seminar nanti bisa terjadi. Semoga bisa membuka banyak kemungkinan, dan informasi mengenai kesenian teater tradisi Dul Mulok, semakin bertambah," ucap dia.

Penampilan teater dari DKB akan berlangsung pada hari kedua dimana perwakilan dari Bangka Belitung ini akan menjadi penampilan pertama. Menampilkan "Puèr . . . !" yang merupakan karya dan disutradarai Iqbal H Saputra, tim ini akan tampil pada pukul 11.00-12.00 WIB.

"Kami berusaha memaksimalkan fungsi dan keberadaan DKB di dalam konstelasi kesenian di Pulau Belitong. Sampai saat ini, kami meyakini, bahwa unsur akademik dan unsur praktisi dalam berkesenian menjadi penting," katanya.

"Karena itu, setelah ditunjuk oleh Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung dan Badan Bahasa Jakarta dalam program Revitalisasi Sastra Lisan di Belitong bagian selatan, Membalong, DKB berusaha istiqomah terlibat dalam pelestarian dan penyebarluasannya. Membawa kesenian Dul Mulok Tiang Balai Kembiri ke Festival Teater Sumatra #2, menjadi penegasan bahwa DKB konsen menjalankan marwahnya," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved