Berita Belitung

Sejumlah Nisan di Pemakaman Setya Mulia Belitung Dicabut Orang Tak Dikenal

Tidak sedikit keluarga dari pemilik makam itu yang mengetahui persoalan ini melihat makam keluarga mereka.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Kondisi nisan tercabut di pemakaman Setya Mulia Jalan Kamboja, Tanjungpandan, Belitung, Jumat (16/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sejumlah nisan kuburan di pemakaman Setya Mulia, Jalan Kamboja, Tanjungpandan, Belitung dirusak oleh orang tidak dikenal, Jumat (16/9/2022).

Ada sekitar 20 nisan dicabut dan diletakkan kembali di dekat perkuburan itu. Bahkan ada nama dari makam tersebut dipindahkan ke tempat lain alias tidak berada pada tempatnya.

Rata-rata makam yang dirusak oleh orang tidak bertanggung jawab ini makam lama alias makam tua. Tidak sedikit keluarga dari pemilik makam itu yang mengetahui persoalan ini melihat makam keluarga mereka.

Warga baru mengetahui makam-makam tersebut dirusak sejak Kamis (15/9/2022) pagi.

"Saya juga baru mengetahui kemarin, dan ini baru kejadian selama saya mengurus makam di sini," kata Hari (64), pembersih makam di area ini kepada Posbelitung.co, Jumat (16/9/2022).

Menurut Hari, apa yang sudah terjadi itu tidak mungkin akan dilakukan oleh anak-anak. Namun dari penglihatannya bahwa nisan makam tersebut kemungkinan sengaja dicabut.

"Baru ini lah kejadian seperti ini. Tapi nanti akan saya betulkan bawak linggis. Saya tidak habis pikir lah kenapa orang yang berbuat ini iseng sekali," ucapnya.

Kasi Penertiban, Operasional dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Belitung, Rully Hidayat juga telah mengetahui ada sejumlah nisan yang sudah dicabut di pemakaman tersebut.

Menurutnya, peristiwa itu tentunya tidak layak dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Apalagi makam merupakan tempat yang sakral.

"Kami akan terus melakukan patroli di area itu setiap malam, agar tidak terjadi peristiwa seperti ini dan patroli di area ini sudah kami mulai," katanya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved