Mahasiswa KKN-T UBB Memperkaya Flora di HKM Gunung Legau Guna Support Wisata Baru Bernuansa Sejarah

Mahasiswa KKN-T UBB yang beranggotakan 16 orang, melakukan penanaman dan pengkayaan jenis tumbuhan di Hutan Kemasyarakatan (HKM) Gunung Legau

Penulis: vine febriani | Editor: M Ismunadi
Istimewa
Sebanyak 16 mahasiswa KKN-T bersama pemda pada saat penanaman tumbuhan di HKM Gunung Legau, Desa Aik Madu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Mahasiswa KKN-T UBB yang beranggotakan 16 orang, melakukan penanaman dan pengkayaan jenis tumbuhan di Hutan Kemasyarakatan (HKM) Gunung Legau, Desa Aik Madu, Kecamatan Simpang Renggiang, dalam upaya mensupport pemda merealisasikan wisata baru yang bernuansa sejarah di desa tersebut.

Kegiatan ini sudah berlangsung dari, Kamis (5/9/2022). 

Tumbuhan yang ditanam dan diperkaya terdiri dari belangiran, cemara laut, minyak kayu putih, dan aren. 

Tumbuhan ini akan menjadi daya tarik flora khas HKM, dalam mewujudkan sektor wisata sejarah di Desa Aik Madu ini.

"Nama wisatanya adalah Ngembarik, dalam bahasa belitung yang artinya wisata lama," kata ketua kelompok KKN-T, Prasetya Jorghi kepada posbelitung.co, Sabtu (17/9/2022). 

Konsep wisatanya nanti akan dibuat seperti kampung tua, karena berada didalam hutan, dan terdapat juga alat musik zaman dahulu serta makam tua yang sudah ada sejak 1600-an, lanjutnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh camat Simpang Renggiang, sekretaris camat, KPHP Gunung Duren, dan pemdes Aik Madu. 

Camat Simpang Renggiang, Maharyuni, mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi titik awal untuk meningkatkan kepedulian dan kapasitas memaksimalkan potensi alam yang ada di HKM Gunung Legau ini.

Dilajutkan oleh Kepala Desa Aik Madu, Rizky Firaldi, Tujuannya dalam membuat HKM Gunung Legau ini menjadi sektor wisata di Desa Aik Madu, yaitu agar pemanfaatan HKM tidak hanya semerta-merta fokus pada sektor pertanian saja, warisan adat dan pemanfaatan SDAnya akan terus terjaga.

"Pemanfaatan HKM ini saya upayakan lebih bervariatif lagi, apalagi sampai menjadi sektor wisata di desa kami, itu akan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sini," ucapnya kepada posbelitung.co, Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan ini, diketuai oleh Prasetya Jorghi beserta 15 anggotanya yang terdiri dari mahasiswa UBB berbagai jurusan, dan dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan mereka yakni Christianingrum, S.Pd., M.M.

Di akhir kesempatan ini, Christianingrum sebagai dosen pendamping lapangan menyampaikan Harapannya, dengan dilaksanakannya penanaman dan pengkayaan jenis tumbuhan di HKM Gunung Legau, bisa menjadi cikal bakal mendukung pengembangan HKM ini menjadi salah satu destinasi wisata alam.

Kedepannya bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat desa aik madu. (Posbelitung.co/Vine Febriani)

Sumber: Pos Belitung
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved