Berita Belitung

Kekosongan Jabatan OPD Berdampak Pada Layanan Publik, Begini Menurut Jumli Jamaluddin

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) fokus melakukan pemulihan ekonomi kerakyatan pada Tahun 2023 mendatang.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
Ist/dok pribadi Jumli
Ketua LP5 Babel Jumli Jamaluddin. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( LP5 Babel), Jumli Jamaluddin, Senin (19/9/2022) menyebutkan, kekosongan jabatan eselon II khususnya kepala OPD harus segera diisi oleh pejabat definitif karena berkaitan pada optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Katanya, memang terdapat perbedaan antara pejabat sementara dengan definitif terutama mengambil kebijakan yang berkaitan pada publik.

Kondisi kekosongan ini sebenarnya jangan dibiarkan berlarut-larut karena setiap tahunnya akan bertambah seiring dengan masa pensiun.

Sementara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memang telah mengatur mekanisme pengangkatan kepala OPD harus melalui proses lelang jabatan dengan segala tahapannya.

Sehingga menurut Jumli, hal itu membutuhkan waktu yang cukup panjang sampai pada pelantikan.

Namun jika kondisi tersebut tidak memungkinkan, kepala daerah setempat bisa proaktif menyampaikan kepada Kemendagri.

Artinya kepala daerah bisa saja bersurat secara resmi menyampaikan kondisi yang terjadi kepada Kemendagri untuk meminta kebijakan.

"Saya kira bisa saja upaya tersebut dilakukan dengan alasan tertentu atau misalnya banyak ASN yang sudah pensiun atau terdapat peserta lelang yang tidak memenuhi persyaratan," katanya.

Karena jika kekosongan kepala OPD dibiarkan terlalu lama secara otomatis berdampak kepada masyarakat. Apalagi dengan adanya kekosongan secara otomatis terdapat pejabat yang merangkap jabatan.

"Memang peraturan menteri dibuat berdasarkan aturan yang lebih tinggi yaitu Undang-Undang. Tetapi jika terjadi kondisi mendesak, saya rasa Kemendagri bisa mengambil kebijakan sebagai solusi terbaik," katanya. ( Posbelitung.co/Dede S)

 


 

 
 
 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved