Berita Belitung

Persiapan Porprov 2023, KONI Kabupaten Belitung Ajukan Anggaran Hibah Rp16 Miliar untuk 420 Atlet

Semenjak mengantongi surat keputusan (SK) tertanggal 1 September 2022 lalu, Kepengurusan KONI Kabupaten Belitung Periode 2022-2026 langsung tancap gas

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Ketua KONI Kabupaten Belitung Adi Wijaya. (Posbelitung.co/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Semenjak mengantongi surat keputusan (SK) tertanggal 1 September 2022 lalu, Kepengurusan KONI Kabupaten Belitung Periode 2022-2026 langsung tancap gas menghadapi even besar, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023.

Ketua KONI Kabupaten Belitung, Adi Wijaya mengatakan, pihaknya siap mengirimkan 420 atlet terdiri atas 20 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingan dalam agenda empat tahunan tersebut.

Demi mewujudkan harapan itu, KONI mengusulkan anggaran dana hibah sekitar Rp16 miliar kepada Pemkab Belitung dan masih menunggu persetujuan dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Untuk anggaran kami memang baru mengajukan di induk APBD 2023 dan hari ini sudah ditunggu proposal rencana anggarannya. Kami ajukan khusus Porprov 2023 sekitar Rp16 miliar di luar anggaran rutin," ujar Adi saat ditemui Posbelitung.co, Selasa (20/9/2022).

Mengingat waktu persiapan yang singkat, membuat Adi tidak bisa menunggu persetujuan TAPD untuk melakukan persiapan. Terlebih kabupaten lain sudah melaksanakan persiapan dari bulan-bulan sebelumnya.

Oleh sebab itu, Adi menyusun strategi mengajak jajarannya terus berkoordinasi dengan pengurus cabor untuk mendengarkan kendala, saran serta mendata kekurangan sapras penunjang.

Memanfaatkan sisa anggaran 2022, dirinya berupaya agar Cabor bisa melaksanakan seleksi atlet.

Sementara itu berdasarkan data KONI terdapat 14 Cabor yang sudah memiliki atlet dan sisa enam Cabor akan melakukan seleksi.

"Karena kami baru terima SK, jadi rencana seleksi bagi cabor yang belum itu di Oktober. Kami berusaha memanfaatkan sisa anggaran berbagi menutupi kebutuhan Cabor," katanya.

Menurut Adi, sisa waktu sekitar sembilan bulan nanti akan dimanfaatkan 20 cabor lebih mengoptimalkan persiapan dan latihan.

Karena keterbatasan anggaran, training centre (TC) akan dilaksanakan di Wilayah Belitung. "Kami tetap harus efisiensi anggaran, jadi kalau biasanya ada try out nanti kami try in," katanya.

Kemudian, bicara target medali sementara ini Adi hanya memiliki gambaran berdasarkan hasil Porprov empat tahun lalu. Waktu itu Kabupaten Belitung menempati urutan empat dengan raihan 38 medali emas.

Memang dar hasil tersebut terdapat beberapa cabor yang menjadi andalan KONI Kabupaten Belitung. Namun untuk target realisitis, dirinya masih menunggu hasil TC yang akan dilaksanakan cabor beberapa bulan ke depan.

"Harapan kami bisa dapat 50 emas tapi untuk target lebih realnya, kami masih menunggu hasil TC nanti," katanya. ( Posbelitung.co/Dede S)

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved