Berita Belitung

Kabupaten Belitung Jadi Tuan Rumah Rakornas, Dihadiri 200 Peserta Perwakilan se-Indonesia

Kabupaten Belitung ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengelolaan Pendapatan Daerah.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Suasana Rakornas pengelolaan pendapatan daerah yang digelar Kemendagri bersama BPPRD Kabupaten Belitung di Hotel BW Suite pada Rabu (21/9/2022). (Posbelitung.co/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Kabupaten Belitung ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengelolaan Pendapatan Daerah. Acara dilaksanakan Tanggal 20-22 September 2022 di Hotel BW Suite.

Rakornas yang mengundang 200 peserta perwakilan provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia itu dibuka oleh Sesditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Komedi secara virtual, Rabu (21/9/2022).

Penyelenggaraan Rakornas berkolaborasi dengan BPPRD Kabupaten Belitung itu sehubungan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah Ppusat dan Pemda dalam rangka pembinaan pengelolaan pendapatan daerah (HKPD).

"Rakornas ini sangat penting karena bertujuan untuk menyamakan persepsi dan percepatan penyusunan Perda sebagai turunan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022," ujar Kepala BKD Provinsi Kepulauan Babel, M Harris mewakili Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Babel Ridwan Djamaludin, Rabu (21/9/2022).

Ia mengatakan, seiring pemberlakuan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 secara otomatis mencabut Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004, beberapa pasal dalam Undang-Undang Pemerintah Daerah Undang-Undang Cipta Kerja.

Oleh sebab itu, lahirnya peraturan baru tersebut perlu sangat penting dipahami terutama berkenaan pada ruang lingkupnya.

"Pemprov Babel juga sedang menyusun aturan sebagai turunannya seperti menyusiun DIM, naskah akademik termasuk berdiskusi dengan akademisi," katanya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Belitung, Adnizar menambahkan rakor yang diselenggarakan pada hari ini juga merupakan upaya nyata dalam mengoptimalkan pelaksanaan pengelolaan keuangan.

Menurutnya penyempurnaan implementasi HKPD diharapkan dapat mewujudkan pemerataan layanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Mengingat pentingnya hasil pertemuaan pada hari ini, saya mengajak seluruh peserta untuk dapat menyamakan persepsi, guna mendukung percepatan penyusunan regulasi daerah sebagai tindak lanjut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020," katanya pada kesempatan yang sama. (Posbelitung.co/Dede S)

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved