Berita Pangkalpinang

Molen akan Umrah, Bakal Tunjuk Radmida Plt Wali Kota Pangkalpinang

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Pangkalpinang, Radmida Dawam menjadi pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Pangkalpinang sementara waktu.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Rencananya dalam waktu dekat Wali Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil akan melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah.

Ia bakal menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Pangkalpinang, Radmida Dawam menjadi pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Pangkalpinang sementara waktu.

"Saya akan berangkat umrah, untuk merenungi salah segala macam, untuk membersihkan hati," kata dia kepada Bangkapos.com, Rabu (21/9/2022).

Molen sapaan akrabnya menuturkan, ia bersama keluarga direncanakan bakal ke Mekkah selama 12 hari. Terhitung sejak tanggal 7 hingga 18 Oktober 2022 mendatang. Selama itu, roda pemerintahan akan diisi oleh seorang Plt.

"Iya mungkin, beberapa hari dua pekan. Saya umrah mulai tanggal 7 sampai 18 Oktober 2022," ujar Molen.

Lebih jauh ungkap politikus PDI-P ini, selama dirinya melaksanakan ibadah umrah ia tak memungkiri jabatan seorang kepala daerah dalam hal ini wali kota akan kosong. Maka dari itu, tak menutup kemungkinan Radmida Dawam akan menjadi Plt Wali Kota selama 12 hari.

Akan dipilihnya Radmida sendiri karena beberapa pertimbangan. Pertama sebagai aparatur sipil senior di pemerintah kota dan dinilai memiliki pengalaman yang baik dalam mengurus pemerintahan

Menurutnya, tugas seorang Plt hanya meneruskan penyelenggaraan administrasi pemerintahan. Tujuannya agar roda pemerintahan tetap berjalan kondusif.

Alasan lain dikarenakan kondisi Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M Sopian yang saat ini tengah menjalani masa pemulihan pasca operasi kanker getah bening dan saat ini tengah berada di Padang, Sumatera Barat sembari menunggu kelahiran anaknya.

Terutama kelahiran anak pertama M Sopian dengan Ratnawati. Seperti yang diketahui keduanya resmi menikah dan menjalani ijab kabul yang digelar di Rumah Dinas Wakil Wali Kota di Jalan Hamidah pada Jumat 6 Maret 2020 lalu.

Maka dari itu, ia mengajak seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang untuk mendoakan kesembuhan dan proses persalinan istri wakil wali kota.

"Kalau pak wakil wali kota sedang sakit, mungkin ke bu Sekda," jelasnya.

Kendati demikian kata Molen, pihaknya sendiri telah mendapatkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait perizinannya untuk umrah ke tanah suci Mekkah. Perizinan tersebut didapat usai dirinya mengajukan surat permohonan kepada Penjabat Gubernur Bangka Belitung yang kemudian diteruskan ke Kemendagri.

"Saya minta doanya kepada semua kepala perangkat daerah dan masyarakat semuanya semoga berjalan lancar," kata Molen.

(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved