Info Kesehatan

5 Tips agar Tidak Cepat Menopause, Kenali Pula Ciri-ciri Tanda Keputihan

Perubahan kondisi tubuh yang termasuk ciri-ciri menopause di antaranya haid jadi lebih singkat, lama, atau siklusnya tidak teratur.

Penulis: Khamelia CC | Editor: Khamelia
huffingtonpost.co.uk
Menopause menjadi tahap kehidupan yang dialami setiap wanita. Seorang wanita akan menghadapi banyak perubahan fisik dalam tahap ini. Kecenderungan untuk marah dan murung juga terjadi pada awal menopause. Selain faktor usia, paling tidak, ada 7 tanda awal menopause yang harus disadari oleh wanita. 

POSBELITUNG.CO -- Beberapa tahun menjelang masa berhenti haid, wanita biasanya merasakan beberapa tanda-tanda menopause.

Perubahan kondisi tubuh yang termasuk ciri-ciri menopause di antaranya haid jadi lebih singkat, lama, atau siklusnya tidak teratur.

Selain itu, tanda menopause lainnya yakni sering berkeringat atau kepanasan di malam hari, vagina kering, dan keputihan berbeda dari biasanya.

Simak ciri-ciri keputihan tanda menopause dan penyebabnya yang perlu wanita ketahui. 

Ciri-ciri keputihan tanda menopause

Dilansir dari Healthline, ada beberapa ciri-ciri keputihan tanda menopause yang biasanya dirasakan wanita, antara lain:

  • Keputihan berwarna kecoklatan
  • Tekstur keputihan berair dan lendir yang keluar tipis
  • Terkadang tekstur keputihan sedikit tebal dan menggumpal
  • Jumlah keputihan semakin lama semakin sedikit mendekati menopause

Perlu diketahui, perubahan kondisi keputihan tanda menopause di atas umumnya bukan masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan.

Sebelum menopause atau pada usia produktif, keputihan wanita yang normal biasanya bening atau berwarna keputihan, sedikit lengket, ringan, dan tidak berbau.

Anda baru perlu waspada jika keputihan tanda menopause sangat lengket, warnanya kekuningan atau kehijauan atau keabuan, baunya tak sedap, berbusa, disertai vagina gatal atau terasa sakit. 

Penyebab keputihan menjelang menopause 

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved