Obat Herbal

Atasi Diabetes Melitus dengan Obat Herbal dari Daun Seri, Begini Cara Mudah Membuatnya

Cara Membuat Obat Herbal Diabetes Melitus dari Daun Kersen (Seri): Siapkan 50 hingga 100 gr daun kersen, cuci bersih, Rebus menggunakan satu liter air

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Hendra
net
Manfaat daun kersen (ser) untuk menurunkan kadar gula darah 

POSBELITUNG.CO -- Mengutip dari situs resmi p2ptm.kemkes.go.id, diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi.

Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (WHO, 1999).

Diabetes seringkali muncul tanpa gejala, namun ada beberapa tanda yang dapat Anda waspadai sebagai gejala kemungkinan diabetes.

Di antaranya poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (banyak makan/mudah lapar).

Selain itu sering pula muncul keluhan penglihatan kabur, koordinasi gerak anggota tubuh terganggu, kesemutan pada tangan atau kaki, timbul gatal-gatal yang seringkali sangat mengganggu (pruritus), serta berat badan menurun tanpa sebab yang jelas.

Seorang pakar kesehatan, dr. Fery Juliawan, M.Th, melalui kanal YouTube pribadinya, mengatakan bahwa daun kersen atau daun seri ternyata memilki manfaat yang baik untuk kesehatan,

khususnya dalam membantu mengatasi penyakit diabetes.

Daun kersen kerap dijadikan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun kersen adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, beta karoten, riboflavin, dan zat besi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved