Pertalite Boros

Pertamina Beberkan Penyebab Pertalite Lebih Boros saat Harga BBM Mahal

Irto juga menjelaskan, bahwa penguapan dapat berubah dengan cepat jika temperatur penyimpanan meningkat.

Editor: Khamelia
Tribun Medan
Petugas nozel mengisi BBM 

POSBELITUNG.CO -- Viral di media sosial Facebook dan WhatsApp, Pertalite boros setelah harga naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10 ribu.

Sejumlah warga mengeluh karena merasa bensin yang memiliki nilai oktan RON 90 terasa boros, beda sebelum harganya naik.

"Boros sekali ini  Pertalite sekarang," kata Qurniawan, warga Makassar, Sulsel, Kamis (22/9/2022).

Terkait dengan  Pertalite yang dirasa boros, pihak Pertamina angkat bicara.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, bahwa tidak ada perubahan spesifikasi pada produk Pertalite sehingga boros.

“Adapun standar dan mutu BBM Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri,” ucap Irto, Rabu (21/9/2022), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Irto juga menjelaskan, bahwa penguapan dapat berubah dengan cepat jika temperatur penyimpanan meningkat.

Boros bukan karena adanya perubahan spesifikasi pada  Pertalite.

“Secara spesifikasi, batasan maksimum untuk penguapan (destilasi)  Pertalite adalah 10 persen, dibatasi maksimal 74 derajat Celcius. Secara umum produk  Pertalite ada di suhu 50 derajat Celcius. Artinya, pada saat temperatur 50 derajat Celcius,  Pertalite sudah bisa menguap hingga 10 persen,” kata Irto.

Selain itu, Irto juga mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, agar produk BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya.

“Melalui lembaga penyalur resmi (SPBU dan Pertashop), Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Terkuak Penyebab Pertalite Lebih Boros Saat Harga BBM Pertamina Mahal, Viral di Facebook - WhatsApp

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved