Pelindo Tanjungpandan Gandeng Hkm Batu Bedil Tanam 500 Pohon Produktif di Lahan Eks Tambang

PT Pelindo Regional 2 Tanjungpandan bekerjasama dengan Hkm Batu bedil melaksanakan kegiatan penanaman pohon.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: M Ismunadi
IST/dok PT Pelindo Regional 2 Tanjungpandan
Suasana penanaman pohon produktif yang dilakukan PT Pelindo Regional 2 Tanjungpandan di Desa Sungai Padang pada Kamis (22/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan bekerjasama dengan kelompok hutan kemasyarakatan (Hkm) Batu Bedil, Desa Sungai Padang melaksanakan kegiatan penanaman pohon produktif  500 batang pohon di lahan eks tambang timah pada Kamis (22/9/2022) kemarin.

Terdapat dua jenis pohon yang ditanam yaitu Jambu Mete dan Akasia.

Kegiatan penanaman pohon produktif  merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam rangka menyambut HUT satu tahun setelah diresmikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tanggal 1 Oktober 2021 lalu.

“Penanaman pohon produktif ini untuk penghijauan kembali kawasan hutan yang telah rusak karena ulah para penambang timah ilegal dan sekaligus pemberdayaan masyarakat Desa Sungai Padang khususnya," ujar GM PT Pelindo (persero) Regional 2 Tanjungpandan Ferrial Dunan Sidabutar pada Jumat (23/9/2022).

Menurutnya melalui kegiatan tersebut, Pelindo juga mengajak masyarakat untuk membangun komitmen untuk dalam menjaga, melindungi dan lebih peduli dalam kelestarian hutan dan alam sekitarnya agar tidak dirusak lagi oleh para penambang.

Selain itu, meningkatkan kesadaran menjaga kelestarian alam yang berpotensi menambah pendapatan masyarakat seperti pengelolaan wisata pantai dan budi daya madu apis cerena.

Kelestarian alam juga bermanfaat mengurangi dampak bencana alam sekaligus sebagai  tempat makhluk hidup lainnya untuk masyarakat sekitarnya.

“Tentunya hal ini akan mendorong semua pihak dan juga masyarakat khususnya Desa Sungai Padang untuk sama-sama memberikan kontribusi dalam menjaga dan melindungi hutan di wilayah hutan lindung Batu Bedil," kata Ferrial.

Ia menuturkan dipilihnya area Desa Batu Bedil sebagai lokasi penanaman dan penghijauan pohon itu dikarenakan termasuk kawasan geosite Unesco Global Geopark (UGG).

Sehingga yang diharapkan akan mampu menunjang kegiatan pariwisata Batu Bedil  yang sering dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

"Tentunya dengan kita menjaga kelestarian hutan yang alami akan menarik wisatawan domestik dan luar negeri untuk berkunjung ke Belitung," kata Ferrial.

Kegiatan penanaman juga dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung,Isyak Meirobi, KSOP Kelas IV Pelabuhan Tanjungpandan, Bank BRI CabangTanjungpandan serta tamu undangan lainnya. (posbelitung.co/dede s)

Sumber: Pos Belitung
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved