Berita Belitung

Posisi Eselon III Banyak yang Kosong, Sekda Belitung: Pejabat Fungsional Belum Bisa Diangkat  

Hingga saat ini masih banyak jabatan eselon III di Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, yang kosong. Sementara pejabat fungsional yang ada belum mem

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
Posbelitung.co/dok
MZ Hendra Caya 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Hingga saat ini masih banyak jabatan eselon III di Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, yang kosong. Sementara pejabat fungsional yang ada belum memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu ditegaskan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya, Jumat (23/9/2022). "Pengangkatan fungsional syaratnya satu tahun. Terakhir penyetaraan Desember 2022, maka setahunnya itu nanti Desember 2022," katanya.

Meski begitu, lanjut Hendra, kekosongan jabatan tersebut tak mengganggu jalannya pemerintahan. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam meraih penghargaan dari BKN Award 2022.

Menurutnya, pengisian kekosongan eselon III diperkirakan baru dapat dilakukan awal 2023 mendatang. Makanya pada mutasi jabatan yang baru dilakukan ini, belum banyak jabatan eselon yang dilantik. 

Pelantikan pejabat eselon, lanjut Hendra, juga harus melalui proses panjang. Selain karena aturan pengangkatan fungsional, juga perlunya rekomendasi pada beberapa instansi.

"Misalnya Pak Marzuki naik jadi eselon II dari Sekretaris Inspektorat. Kalau Inspektorat harus ada persetujuan gubernur dan Mendagri. Kalau Dukcapil harus diusulkan ke Dirjen Dukcapil Kemendagri, itupun calonnya tiga, mereka menentukan satu," jelasnya. 

"ASN ada ketentuan yang tidak boleh dilanggar, makanya tidak mudah dan kadang tertunda. Seperti ini sudah diusulkan pengganti Sekretaris Inspektorat, tapi belum bisa dilantik karena belum ada persetujuan. Inspektorat dan Dukcapil, jelas tidak boleh sembarangan melantik," katanya. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 
 

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved