Berita Belitung

Hati-hati ! Ruas Jalan di Sukamandi Tergenang Air Sedalam 30 Centimeter

Jalan lintas di Desa Sukamandi, Damar, Belitung Timur (Beltim) kembali terendam air setinggi sekitar 30 cm. Hal itu disebabkan karena hujan yang mengg

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
istimewa
Situasi air yang menggenangi jalan Manggar-Kampit, Sabtu (24/9/2022). (Ist/Tagana Beltim) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Jalan lintas di Desa Sukamandi, Damar, Belitung Timur (Beltim) kembali terendam air setinggi sekitar 30 cm. Hal itu disebabkan karena hujan yang mengguyur sebagian besar Belitung Timur sejak Jumat (23/9/2022) kemarin.

Luapan air hujan itu menggenangi sepanjang 300-an meter jalan utama lintas Manggar-Kelapa Kampit. Tak hanya itu, 15 rumah juga terkena dampak dari peristiwa itu.

"Sejak pukul 07.15 WIB tadi tergenang sampai pukul 14.00 WIB air masih tinggi. Surutnya belum tahu kapan," kata warga sekitar, Sabtu (24/9/2022).

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Sabtu (24/9/2022) langsung merespon peristiwa ini. Menurutnya masalah ini terjadi karena aliran drainase jalan yang tersumbat. Jadi ketika air datang dia tidak mengalir melainkan menggenang.

Dia berpikir bahwa dalam mengatasi masalah ini harus mulai dari hulu ke hilir dengan mengatur ulang konstruksinya.

Burhanudian sudah berkoordinasi dengan Pihak DPRD Provinsi dan Pihak PT Timah supaya menggunakan alat mereka dalam membuka alur pembuangan hilir.

“Jadi kita sekarang menanganinya sementara dengan cara membuka penyumbatan yang ada di hilir supaya tidak menggenangi rumah-rumah masyarakat. Penyumbatan itu karena bekas tambang-tambang timah di situ jadi air dari hulu deras, hilirnya mandek sehingga airnya kembali ke sini,” jelasnya.

Setelah jalur hilir dibuka, selanjutnya pihak-pihak terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Belitung Timur akan diinstruksikan untuk melakukan pemetaan terkait penyebab persoalan ini. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved