Berita Belitung Timur

Yofri Yuleo Nelayan di Belitung Timur yang Sempat Hilang Tewas Tersambar Petir, Banyak Luka Bakar

Nelayan asal Sukamandi, Damar, Yofri Yuleo ditemukan oleh nelayan setempat dalam kondisi sudah meninggal dunia di Pantai Malang Lepau

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Dok/Basarnas Belitung
Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi nelayan asal Sukamandi, Damar, Yofri Yuleo ditemukan oleh nelayan setempat dalam kondisi sudah meninggal dunia di Pantai Malang Lepau, Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu (24/9/2022) pukul 06.30 WIB. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Nelayan asal Sukamandi, Damar, Yofri Yuleo ditemukan oleh nelayan setempat dalam kondisi sudah meninggal dunia di Pantai Malang Lepau, Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu (24/9/2022) pukul 06.30 WIB.

Setelah ditemukan, Tim SAR Gabungan lalu membawanya ke Puskesmas Mengkubang untuk mendapatkan visum luar.

Dokter Puskesmas Mengkubang dr Rafli mengungkapkan penyebab kematian lelaki berusia 25 tahun itu karena diduga tersambar petir.

"Dugaannya karena tersambar petir. Sebab terdapat jejas atau lecet karena petir di bagian kepala hingga dada," kata dr Rafli kepada Posbelitung.co, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Nelayan Sukamandi Damar Ditemukan Tewas di Pantai Malang Lepau, Tak Ada Tanda Kena Serangan Hewan

Baca juga: Pemerintah Akan Larang Ekspor Timah Tahun Ini, AETI: Pelaku Usaha Siap

Selain itu, dr Rafli menyebutkan,di tubuh Yofri terdapat luka bakar di bagian dada, punggung, dan lengan disebabkan karena petir.

Kematian diduga sudah 48 jam karena telah terjadi pembusukan di bagian perut.

"Dari hasil visum luar ini, tidak terdapat luka memar pukulan ataupun gigitan binatang buas," tegas dr Rafli.

Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi nelayan asal Sukamandi, Damar, Yofri Yuleo ditemukan oleh nelayan setempat dalam kondisi sudah meninggal dunia di Pantai Malang Lepau, Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu (24/9/2022) pukul 06.30 WIB.
Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi nelayan asal Sukamandi, Damar, Yofri Yuleo ditemukan oleh nelayan setempat dalam kondisi sudah meninggal dunia di Pantai Malang Lepau, Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu (24/9/2022) pukul 06.30 WIB. (Dok/Basarnas Belitung)

Cuaca Buruk

Sebelumnya, Dantim Tim SAR Gabungan Fernandus Nadapdap mengatakan pencarian hari pertama terkendala cuaca buruk yaitu hujan deras sepanjang hari.

Tim SAR juga sempat menurunkan satu rubber boat di bawah guyuran hujan namun karena alasan safety dihentikan.

Fernandus mengungkapkan kronologis lengkapnya yaitu Yofri pergi bersama pamannya, Amril kemarin Kamis sekitar pukul 18.30 WIB menggunakan perahu kater masing-masing.

"Namun saat akan pergi sekitar 30 meter dari daratan, Yofri mengode Amril bahwa rokoknya ketinggalan dan ingin diambil. Dari keterangan Amril dia ke daratan dengan berenang," jelas Fernandus, kemarin.

Baca juga: Lantik Pejabat Eselon 2 dan 3, Bupati Belitung Sebut Tak Ada Jual Beli Jabatan

Baca juga: Mutasi Jabatan di Pemkab Belitung, Anggota DPRD Yakin Bupati Pilih Pejabat yang Tepat

Kemudian saat Amril pulang melaut sekitar pukul 03.00 WIB, dia melihat perahu Yofri masih di tempat semula. Amril lalu balik ke kampung dan mengecek Leo ternyata belum kembali.

"Pihak keluarga dan warga desa pun kemudian mencari keberadaan Leo, di seputaran kampung mau pun di seputaran Pantai Tambak. Lalu pukul 09.30 WIB kami dapat laporan orang hilang," kata Fernandus.

Tim gabungan terdiri dari unsur Basarnas Belitung, Tagana Beltim, TNI/Polri, dan BPBD Belitung Timur serta warga sekitar.

Pencarian korban hilang resmi ditutup karena korban sudah ditemukan.

( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved