Berita Belitung

Hati-Hati! Perokok Berat Rentan Terserang Diabetes Militus

Merokok menyebabkan masalah pada jantung dan pangkreas, dimana fungsi pangkreas merupakan penyaring gula di dalam tubuh manusia.

Penulis: Maggang (mg) | Editor: Tedja Pramana
Thinkstockphotos
Ilustrasi merokok 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bagi para perokok berat diharapkan berhati-hati, akibat dari merokok secara berlebihan dapat menyebabkan terkena diabetes melitus.

Merokok menyebabkan masalah pada jantung dan pangkreas, dimana fungsi pangkreas merupakan penyaring gula di dalam tubuh manusia, namun ketika pangkreas rusak akibat dari merokok, sehingga kadar gula darah tidak terkendali membuatnya rentan naik turun.

"Apalagi bagi orang yang memiliki diabetes hal ini lebih berbahaya, karena nikotin dalam rokok bisa meningkatkan kadar gula darah yang dapat memicu komplikasi," Kata Anggota Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Akhmad Yuniar kepada posbelitung.co, Selasa (27/9/2022).

Mewakili Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Akhmad mengatakan, diabetes melitus merupakan suatu kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan karena peningkatan kadar gula glukos darah akibat penurunan sekresi insulin yang progresif dilatar belakangi oleh resistensi insulin.

Diabetes melitus ini pun merupakan kekhawatiran Akhmad selaku yang memantau dan mendata masalah DM ini. Beliau mengimbau masyarakat khususnya di Belitung Timur ini harus memperhatikan hal hal penting masalah DM.

"Ini kan penyakit lifestyle ya, jadi selama orang itu belum merasakan sakit, dia tidak akan mengobati dirinya, jadi sekarang mending kita mencegah daripada mengobati," ucapnya.

Diharapkan dengan mengikuti edukasi dan konseling tentang DM di Posbindu atau fasilitas kesehatan di Desa atau Kecamatan masing-masing dan aturlah pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk melakukan pemeriksaan rutin kadar glukosa secara rutin, serta tak hanya memeriksa kadar glukosa saja tapi periksa juga kesehatan lainnya secara rutin ke dokter dan fasilitas kesehatan.

(Posbelitung.co/Vine Febriani)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved