Pos Belitung Hari Ini

Beasiswa Mahasiswa Cair Bulan Depan, Pemprov Babel Kejar Draf Pergub Selesai Akhir Oktober

Sebagaimana diketahui dana beasiswa senilai Rp9 miliar yang dianggarkan Pemprov Babel untuk 768 mahasiswa kurang mampu tak kunjung cair.

Editor: Tedja Pramana
Shutterstock
Ilustrasi mahasiswa 

POSBELITUNG.CO - Permasalahan kejelasan beasiswa bagi mahasiswa keluarga kurang mampu di Bangka Belitung mulai menemui titik terang.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( Pemprov Babel) menargetkan dana beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu ini akan cair pada bulan November 2022.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Babel, M Soleh mengemukakan pemerintah daerah sedang mengupayakan seluruh payung hukum menyangkut masalah beasiswa ini segera selesai dalam waktu dekat ini.

"Insya Allah (cair -red), kita upayakan kalau Oktober ini seluruh payung hukum selesai, perubahan baru bisa dieksekusi akhir Oktober. InsyaAllah bulan November nanti cair semua. Mohon doakan," ungkap M Soleh dikonfirmasi, Selasa (27/9).

Sebagaimana diketahui dana beasiswa senilai Rp9 miliar yang dianggarkan Pemprov Babel untuk 768 mahasiswa kurang mampu tak kunjung cair. Dana beasiswa itu mandek akibat adanya perubahan dalam proses pencairannya.

Awalnya melalui Dinas Pendidikan Provinsi Babel, ternyata harus beralih ke Biro Kesra Pemprov Babel. Perubahan aturan pencairan itu karena adanya evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Soleh menjelaskan perkembangan pencairan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu ini sedang dalam proses penyusunan draf Peraturan Gubernur Babel tentang pemberian beasiswa.

"Kita sedang menyiapkan payung hukum, masih proses. Insya Allah payung hukum ini kita selesaikan draf segera kita bawa ke Kemendagri untuk dievaluasi," kata Soleh.

Dalam pembahasan penyusunan draf peraturan gubernur, pemprov melakukan revisi dan pembuatan pergub baru.

"Pertama kita merevisi pergub mengenai bantuan sosial dan hibah. Kedua kita membuat pergub baru terkait masalah bantuan biaya pendidikan masyarakat Babel. Kalau misal tidak diakomodir di Pergub 77 mengenai bansos dan hibah ini, nanti diakomodir melalui pergub baru. Insya Allah semua nanti terakomodir," kata Soleh.

Komisi IV DPRD Provinsi Babel sendiri telah menggelar rapat dengar pendapat terkait perkembangan pencairan bantuan beasiswa mahasiswa kurang mampu pada 6 September 2022 lalu di ruang rapat Komisi IV DPRD Provinsi Babel.

Rapat dengar pendapat ini kelanjutan dari rapat dengar pendapat (RDP) beasiswa mahasiswa kurang mampu dari Pemprov Babel yang tak kunjung dicairkan.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Babel, Marsidi H Satar mengatakan anggota Komisi IV telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah instansi membahas tindak lanjut beasiswa mahasiswa kurang mampu.

"Kami beberapa waktu yang lalu sudah rapat bersama biro hukum, kesra dan dindik dan komisi IV. Intinya kami minta dicairkan bagiamana caranya. Satu-satunya jalan diubah pergubnya. Ada berapa poin tentang dana hibah, namanya bukan beasiswa, bantuan pendidikan untuk masyarakat," kata Marsidi, Selasa (27/9).

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved