Berita Belitung

Kemenag Belitung Gelar Syukuran Gedung Baru Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Sijuk

Dalam pelaksanaan revitalisasi, pada tahun berikutnya Kemenag Belitung juga akan mengusulkan adanya KUA di wilayah Kecamatan Badau.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Kemenag Belitung
Foto bersama di sela peresmian gedung baru balai nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sijuk, Rabu (28/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung mengadakan syukuran atas pengoperasian gedung baru balai nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sijuk, Rabu (28/9/2022).

Pembangunan yang berasal dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini berlangsung selama sekitar tiga bulan.

"Kawasan ini semula hanya hamparan lahan kosong dan sekarang telah berdiri gedung kantor KUA baru yang akan digunakan sebagai fasilitas pelayanan urusan keagamaan di wilayah Kecamatan Sijuk," kata Kepala Kantor Kemenag Belitung, Masdar Nawawi.

Meski kondisi bangunan siap digunakan, Masdar menyebut memang masih terdapat kekurangan yakni pagar. Pembangunan pagar di area gedung KUA pun akan dianggarkan kembali pada 2023 mendatang.

Namun secara umum, kondisi gedung baru KUA Kecamatan Sijuk ini sudah memenuhi standar bangun KUA, sehingga diharapkan dapat diiringi dengan baiknya pelayanan urusan keagamaan.

"Seiring telah berdirinya bangunan ini maka sarana dan prasarana serta SDM, akan ikut menyusul guna mengisi terlaksananya operasional KUA ini," ucapnya.

Dalam pelaksanaan revitalisasi, pada tahun berikutnya Kemenag Belitung juga akan mengusulkan adanya KUA di wilayah Kecamatan Badau. Dengan demikian, KUA akan ada di tiap wilayah kecamatan.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Bangka Belitung, Tumiran, mengatakan, KUA selanjutnya dapat turut mendukung pelaksanaan tujuh program prioritas Kemenag. Di antaranya berkaitan dengan moderasi beragama, toleransi, serta tugas dan fungsi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Prioritas lain yang harus disikapi yakni kasus perceraian dan pernikahan dini. Kabupaten Belitung saat ini berada pada peringkat 4 besar dengan angka perceraian tinggi," ucapnya.

"Jika zero kasus perceraian, maka jajaran Kemenag dapat bekerja untuk urusan lain, ini semua melibatkan semua unsur secara langsung guna menuntaskan kasus ini," imbuhnya.

Dia menjelaskan, saat ini Kanwil Kemenag Babel juga telah me revitalisasi bangunan madrasah dan TPA.

Sementara mengenai pelaksanaan pembangunan gedung sekolah MAN masih terkendala pada pembebasan lahan untuk akses jalan. Makanya, ia berharap pemerintah daerah dapat mendukung pembangunan fasilitas akses jalan tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya, menyebut, revitalisasi KUA diharapkan dapat berdampak pada baiknya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Menurutnya, di Kabupaten Belitung revitalisasi bangunan KUA dilakukan di Kecamatan Sijuk dan Kecamatan Membalong. Tahun depan akan menyusul di wilayah Kecamatan Badau dan Kecamatan Selat Nasik.

"Untuk pembangunan fasilitas akses jalan ke rencana pembangunan sekolah MAN, saat ini sedang dalam proses penyerahan lahan oleh pihak pengembang. Jika proses tersebut telah selesai, Insyaallah kita akan secepatnya lakukan pembangunan akses jalan masuk ke lokasi tersebut," kata Hendra.

Dalam syukuran atas pengoperasian gedung baru KUA Kecamatan Sijuk ini hadir pula perwakilan forkopimda, Camat Sijuk, Febriansyah, dan kades se-Kecamatan Sijuk. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved