Berita Pangkalpinang

Permudah Pendataan Pelaku Ekraf, Wali Kota Pangkalpinang Luncurkan Aplikasi APPEKRAF

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil meluncurkan aplikasi Pendataan Pelaku Ekonomi Kreatif atau APPEKRAF di Ruang OR Gedung Tudung Saji

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil didampingi Kepala Dinas Pariwisata M. Yasin saat menandatangani berkas peluncuran aplikasi Pendataan Pelaku Ekonomi Kreatif atau APPEKRAF di Ruang OR Gedung Tudung Saji Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (28/9/2022). 

POSBELITUNG.CO -- Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil meluncurkan aplikasi Pendataan Pelaku Ekonomi Kreatif atau APPEKRAF di Ruang OR Gedung Tudung Saji Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (28/9/2022).

Aplikasi ini untuk mempermudah pendataan dan mewujudkan database lokal menuju Satu Data Indonesia, Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Peluncuran aplikasi ini digagas oleh  Dinas Pariwisata Pangkalpinang.

Maulan Aklil mengatakan, aplikasi APPEKRAF ini digunakan untuk mempermudah pendataan para pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) yang ada di Kota Pangkalpinang.

Baca juga: Wisata Belitung: Nikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Kelayang Snorkeling Sepuasnya Ditemani Ikan Nemo

Baca juga: Pendaftaran Panwacam di Belitung Timur Diperpanjang 2 hingga 8 Oktober 2022, Ini Alasannya

Di mana pendataan sangat penting dilakukan untuk merumuskan kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah.

“Jadi jangan diam saja, kita harus kreatif,” tegas Maulan kepada Bangkapos.com usai kegiatan.

Molen sapaan akrabnya menyebut, untuk dapat berkreasi tidak harus berpatokan dengan dana. Asalkan ada motivasi dan berani mengambil risiko kreativitas dapat dilakukan.

Untuk itu ia menekankan kepada setiap perangkat daerah, jangan sampai kendala pendanaan menjadi alasan untuk berhenti berkreativitas.

“Jangan tidak ada dana menjadi alasan kreativitas itu muncul tidak mesti hanya terhambat masalah dana dan segala macam. kreativitas itu harus berani memberi daya gedor,” kata Molen.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil didampingi Kepala Dinas Pariwisata M. Yasin foto bersama usai penandatanganan berkas peluncuran aplikasi Pendataan Pelaku Ekonomi Kreatif atau APPEKRAF di Ruang OR Gedung Tudung Saji Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (28/9/2022). (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil didampingi Kepala Dinas Pariwisata M. Yasin foto bersama usai penandatanganan berkas peluncuran aplikasi Pendataan Pelaku Ekonomi Kreatif atau APPEKRAF di Ruang OR Gedung Tudung Saji Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (28/9/2022). (Bangkapos.com/Cepi Marlianto) (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Satu-satunya Aplikasi di Bangka Belitung

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, M. Yasin mengungkapkan, aplikasi pendataan pelaku ekonomi kreatif atau APPEKRAF ini merupakan aplikasi satu-satunya khusus pendataan ekraf yang ada di Bangka Belitung.

“Saya yakinkan aplikasi pendataan pelaku ekonomi kreatif ini pertama kalinya yang ada di Bangka Belitung,” jelas Yasin.

Yasin memaparkan, ada beberapa tujuan diluncurkan aplikasi ini.

Pertama adalah menjangkau pelaku usaha ekonomi kreatif dan sumber daya manusia (SDM) pariwisata, sebagai upaya efektif dan efisien untuk menghimpun data dan informasi pusat pelaku ekraf secara aktif dan valid. Kedua untuk menjadikan akses pelayanan lebih mudah merata dan berkualitas.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved