Berita Pangkalpinang

281 Pesilat Bertarung dalam Molen Cup 2022, Atlet Berprestasi akan Dibina untuk Melaju ke Porprov

Melalui ajang ini pula, para atlet berprestasi nantinya akan dibina untuk mewakili Kota Pangkalpinang untuk melaju ke ajang Porprov.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro, berfoto bersama panitia dan undangan di sela pembukaan kejuaraan Molen Cup di Gor Depati Bahrain, Kamis (29/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Sebanyak 281 orang pesilat di Kota Pangkalpinang bertarung dalam kejuaraan Molen Cup 2022 yang digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Depati Bahrain, Kamis (29/9/2022) hingga Minggu (2/10/2022).

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Suryo Kusbandoro, mengatakan, kejuaraan Molen Cup ini digelar oleh pemerintah kota bekerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) setempat.

Kejuaraan pencak silat ini dilaksanakan untuk menjaring bibit atlet silat berbakat serta berprestasi, yang dapat mengharumkan nama baik Kota Pangkalpinang pada ajang Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) VI di Kabupaten Bangka Barat pada 2023 mendatang.

"Ini untuk mempersiapkan atlet kita, nantinya kurang lebih satu tahun untuk ikut lomba pada Porprov VI di Bangka Barat," kata dia kepada Bangkapos.com usai membuka kegiatan.

Suryo menyebut, kejuaraan pencak silat Molen Cup ini murni untuk meraih prestasi dan mencintai olahraga. Setiap pemenang bakal mendapatkan piagam prestasi yang bakal berguna untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Pencak silat ini merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diwariskan oleh leluhur dari generasi ke generasi. Seni bela diri tradisional ini memiliki pamor yang begitu luas baik secara nasional maupun internasional. Maka dari itu sudah semestinya seni ini dilestarikan.

"Selain olahraga kita juga melestarikan budaya Indonesia, jadi bagi para peserta, raihlah kemenangan dengan penuh kehormatan," ucap Suryo.

Melalui ajang ini pula, para atlet berprestasi nantinya akan dibina untuk mewakili Kota Pangkalpinang untuk melaju ke ajang Porprov. Kota Pangkalpinang harus bisa menyabet kategori juara umum seperti Porprov IV di Kabupaten Belitung Timur.

Sedangkan pada ajang pesta olahraga daerah V di Kabupaten Bangka Tengah, Kota Pangkalpinang, hanya menjadi juara kedua atau runner up. Dari cabang olahraga pencak silat juga banyak mendulang medali emas.

"Kalau bisa semua emas disabet, dan Kota Pangkalpinang bisa menjadi juara umum," ujarnya.

Suryo berharap, semua atlet dapat menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding. Terlebih pencak silat ini sudah menjadi tradisi bagi anak muda, menjadi pemberani. Berani dalam membela yang benar, sehingga mampu menghasilkan bibit atlet pencak silat yang tangguh dan mandiri.

"Selamat untuk bertanding dan nanti apabila yang terpilih untuk mewakili Kota Pangkalpinang ke Porprov. Selamat berlatih sehingga apapun nanti hasilnya kita bisa menjadi juara umum," ucap Suryo.

281 Pesilat Ikut Berpartisipasi

Ketua Kejuaraan Molen Cup, Romandhona Setyawan, memaparkan, sedikitnya 281 orang pesilat mengikuti kejuaraan ini.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved