Berita Belitung

Hanya 22 Dari 24 Parpol yang Melakukan Entry Data di KPU Kabupaten Belitung Timur

Terdapat lima Parpol yang keanggotaannya tidak memenuhi syarat, jumlahnya dibawah minimal syarat keanggotaan.

Penulis: Maggang (mg) | Editor: Tedja Pramana
Ist
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Belitung Timur, Restu Yuli. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Terdapat 22 partai politik (Parpol) yang melakukan entry data di KPU Kabupaten Belitung Timur dari 24 Parpol yang mendaftar di KPU RI.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh KPU pusat, Bahwa rentang waktu mulai 15-28 September 2022 merupakan masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan perbaikan oleh partai politik.

Restu Yuli, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Belitung Timur mengatakan, dari total 22 Parpol yang mengentri data, 17 parpol sudah memiliki keanggotaan yang berstatus memenuhi syarat jumlah minimal keanggotaan di Belitung Timur, pada fase verifikasi administasi awal.

Bagi 22 Parpol tersebut, diberikan kesempatan melakukan perbaikan melalui penggantian atau perbaikan terhadap administrasi keanggotaannya yang berakhir pada 28 September kemarin.

"Terdapat lima Parpol yang keanggotaannya tidak memenuhi syarat, jumlahnya dibawah minimal syarat keanggotaan," ucapnya kepada posbelitung.co, Kamis (29/9/2022).

Namun karena alasan kode etik, Restu enggan menyebutkan partai mana saja yang tidak memenuhi syarat ini.

Beberapa faktor yang mengganjal kelolosan partai, salah satu diantaranya mengenai ketidaklengkapan kehadiran keterwakilan perempuan dalam kepengurusan, status kantor, dan juga kepengurusan partai.

"Setelah ini, KPU Belitung Timur akan mulai melakukan verifikasi kembali atas dokumen perbaikan yang disampaikan parpol itu pada 1-9 Oktober 2022 nanti," kata Restu.

(Posbelitung.co/Vine Febriani)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved