Wawancara Eksklusif

Mempersiapkan Pariwisata Belitung untuk Memenuhi Standar Global

Bagaimana Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung melihat ini? Ke mana arah pengembangan pariwisata Belitung?

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Annyta. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Belitung memiliki beragam potensi yang bisa dikembangkan dalam menunjang sektor pariwisata. Mulai dari kondisi alam maupun budaya dan kuliner.

Lalu bagaimana Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung melihat ini? Ke mana arah pengembangan pariwisata Belitung? Berikut kutipan wawancara eksklusif Pos Belitung kepada Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Annyta, Sabtu (1/10/2022).

T: Bagaimana visi dalam mengembangkan pariwisata Belitung ke depannya?

J: Tentu saja visinya untuk membuat destinasi pariwisata Belitung menjadi pariwisata global. Dengan branding UGG, dipercaya menyelenggarakan konferensi internasional, artinya perlu diikuti oleh peningkatan destinasi wisata.

Kita berharap ke depan bahwa destinasi pariwisata Belitung adalah destinasi pariwisata berstandar global. Dengan berbagai destinasi yang ada dengan mengangkat daya tarik lokal, budaya, geologi, dan biodiversitas, tapi dengan kemasan berstandar internasional.

Satu demi satu destinasi akan dibenahi, dilengkapi, dann diperbaiki. Tidak ada yang berubah, tapi penajaman dari konteks pariwisata. Tetap mempersiapkan kondisi yang ada dengan sebaiknya.

Dengan keberhasilan penyelenggaraan event internasional, meski penuh kekhawatiran karena merasa belum layak ketika menyelenggarakan event tersebut.

Ketika disejajarkan dengan destinasi wisata internasional, padahal tidak seperti itu, Belitung mumpuni, tidak kalah, dan mampu dijual. Bagi orang lua, potensi ini luar biasa.

T: Apa potensi wisata Belitung yang memang paling menjual?

J: Outstanding geology dari Geopark Belitong batu granit. China boleh batu granit di darat, sampai ada forest stone atau hutan batu berhektare-hektare. Seperti film Avatar terinspirasi dari kondisi alam forest stone. Belitung juga menggambarkan batu granit, tapi dengan keunikannya yang berada di laut. Seperti yang tergambarkan dalam wisata hopping island yang wisatawan lakukan ketika di Belitung.

Hopping island itu kondisi batu granit yang ada di laut dengan berbagai lanskap. Air laut terjaga, lapukan batu granit ini juga menjadi Belitung punya pasir putih. Itulah letak nilai jual, karena batu granit itu sehingga kita memiliki alam yang sedemikian indah.

Selain itu punya potensi lain yang juga bisa dikembangkan, seperti budaya dan kuliner. Banyak sekali kuliner yang menambah sisi menarik dari Belitung. Banyak yang tidak menyadari, kami mengemas titik-titik destinasi wisata atau geosite dengan potensi yang berbeda. Sehingga apabila berwisata ke titik destinasi ini tidak akan mendapat hal yang sama.

Makanan walau dikemas dengan gaya sederhana dan kampung, tapi makanan di setiap destinasi wisata berbeda. Itu akhirnya menambah lamanya wisatawan di Belitung. Kalau diurutkan dari satu titik ke titik lain, wisatawan bisa berhari-hari di Belitung. Ini sudah dikemas dengan begitu baik.

T: Bagaimana upaya dinas dalam meningkatkan SDM pariwisata?

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved