Berita Belitung

Kemenpan RB Setujui 171 Formasi untuk Rekrutmen PPPK di Kabupaten Belitung, Ini Rinciannya

Azhami hingga kini belum bisa memastikan kapan pelaksanaan rekrutmen PPPK akan dilaksanakan. Pasalnya hingga kini belum ada arahan dari Kemenpan-RB.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Novita
Tangkap Layar
Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung KA Azhami (kiri) saat hadir di program Dialog Ruang Kita Pos Belitung, Selasa (4/10/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Belitung mendapatkan angin segar dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia ( Kemenpan RB).

Beberapa waktu lalu, Bupati Belitung, H Sahani Saleh, telah mengambil dokumen formasi PPPK tersebut. Usulan awal untuk PPPK di Kabupaten Belitung berjumlah 191 formasi.

Terdapat tiga segmen formasi yang diusulkan, yakni tenaga pendidik, tenaga kesehatan hingga tenaga teknis. Namun dari jumlah usulan tersebut, hanya 171 formasi yang disetujui.

"Jadi formasinya sudah ada, itu ada 171 formasi dari usulan 191 formasi. Itu sama tenaga pendidik, kesehatan dan tenaga teknis," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM) Kabupaten Belitung, KA Azhami, dalam Dialog Ruag Kita Pos Belitung, Selasa (4/10/2022).

Dari 171 formasi tersebut, sebanyak 58 persen untuk rekrutmen tenaga pendidik, 12 persen tenaga kesehatan dan 30 persen tenaga teknis.

"Untuk rekrutmen CPNS, sampai sekarang belum ada informasi lebih lanjut dari Kemenpan RB. Kami baru mendapat arahan PPPK saja," ucapnya.

Khusus tenaga pendidik, kata dia, jumlahnya sedikit lebih banyak dibandingkan tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya, lantaran rencana rekrutmen tenaga guru ada passing grade tersendiri.

"Itu tentunya menjadi prioritas kami. Dan untuk usulan kenapa lebih banyak, itu pertimbangannya ada di Dinas Pendidikan. Apalagi untuk guru ini ada persyaratan tertentu yang disyaratkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," jelasnya.

Azhami hingga kini belum bisa memastikan kapan pelaksanaan rekrutmen PPPK akan dilaksanakan. Pasalnya hingga kini belum ada arahan dari Kemenpan RB.

"Tapi yang jelas kami siap-siap sekarang ini. Jika ada arahan mulai dibuka rekrutmennya, kami akan fasilitasi. Tapi sejauh ini belum ada untuk waktunya," bebernya.

Ia juga belum bisa memastikan apakah rekrutmen ini dikhususkan untuk honorer atau terbuka juga untuk masyarakat umum. Tetapi sejaua ini, sedang berlangsung pendataan tenaga honorer di berbagai instansi.

"Karena selama ini kami punya database ASN di berbagai instansi. Nah tenaga honorer belum ada. Maka dari itu kami sekarang melakukan pendataan untuk itu," kata dia.

Ia mengingatkan kepada tenaga honorer yang sudah masuk dalam pendataan agar tidak salah persepsi. Apalagi print out hasil pendataan tersebut seolah-oleh dianggap sudah bisa mengikuti seleksi PPPK.

"Jangan sampai nanti ini salah kaprah. Kami ingatkan lagi, bahwa itu hanya pendataan saja. Kalau untuk persyaratan PPPK, nanti akan kami umumkan melalui media jika sudah waktunya," tegasnya. ( Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved