Berita Pangkalpinang

Lihat Langsung ke Lapangan, Molen Apresiasi Kiprah PKK Kota Pangkalpinang

Molen menyebut, pihaknya berencana memberikan uang transpor bagi para kader PKK yang ada di Kota Pangkalpinang.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, didampingi Ketua TP PKK, Monica Haprinda, berfoto bersama kader PKK dan Dasawisma di Swiss-Belhotel, Selasa (4/10/2022) 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Wali Kota Pangkalpjnang, Maulan Aklil, menilai gaung Tim Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sudah terasa hingga di titik paling dasar masyarakat.

Indikator resonansi PKK sudah menyentuh kalangan masyarakat paling bawah, setelah pihaknya kunjungan ke lapangan secara langsung.

Hal itu imbas dari berbagai kegiatan yang dilakukan ibu-ibu PKK melalui pemberian bantuan sembako, yang langsung diserahkan kepada orang yang memang benar-benar membutuhkan.

Hal itu dikatakan oleh Maulan Aklil, usai menghadiri acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-50 PKK se-Indonesia di Swiss-Belhotel setempat, Selasa (4/10/2022).

"Resonansi sudah terasa pada titik nadir masyarakat yang paling bawah di Pangkalpinang, saya apresiasi. Karena sudah saya nilai, kami nilai sampai mengena titik paling dasar di masyarakat," kata Molen, sapaan akrab Maulan Aklil, kepada Bangkapos.com.

Menurutnya, intercept atau menangkap masyarakat yang benar-benar membutuhkan sudah dilakukan oleh para kader PKK. Bahkan pembentukan kader hingga tingkat RT/RW dirasa sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat.

"Contoh kecil, kemarin pertemuan di Puskesmas Pasir Putih ibu PKK, kita sampai detail menerangkan orang-orang yang seharusnya yang dapat bantuan. Seperti program keluarga harapan (PKH, red) yang tidak masuk daftar data-data akurat dapatnya dari PKK," jelas Molen.

Saat ini masih terdapat sekitar 65 ribu lebih Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kota Pangkalpinang yang masih bermasalah atau tumpang tindih (overlapping). Untuk mengatasi hal ini, bantuan kader dari TP PKK sangat dibutuhkan dalam memperbaiki data tersebut. Dengan tetap dibantu oleh PSM, TKSK hingga kelurahan dan kecamatan.

Terlebih, kini kader TP PKK dan Dasawisma di Kota Pangkalpinang sudah dibuat hingga tingkat RT/RW. Hal ini untuk mengatasi tumpang tindih data yang masih terjadi sampai saat ini.

"Tetapi yang dilakukan PKK langsung masuk ke dalam itu, langsung terasa sekali. Ini bentuk nyata gerakan PKK yang dibentuk oleh Ibu Monica sangat bermanfaat sampai tingkat RT/RW," sebutnya.

Molen menyebut, pihaknya berencana memberikan uang transpor bagi para kader PKK yang ada di Kota Pangkalpinang. Tentunya kebijakan itu masih akan dibahas, apakah diperbolehkan dilakukan berdasarkan peraturan yang ada.

Maka dari itu, ia meminta para kader PKK didata secara utuh, guna menentukan kebijakan tersebut dapat dilakukan dengan anggaran yang ada.

"Saya minta data lengkap, apakah mungkin nanti bisa secara aturan. Nanti secara penganggaran kita apresiasi kerja mereka. Kita lihat kondisi keuangan nantinya," tandas Molen. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved