Berita Belitung

Membanggakan! Putra Belitung Rafa Jeconia Wakili Indonesia di Kejuaraan ITF Asia di Thailand

Bersama tiga atlet lain, Rafa membawa nama Indonesia pada ajang internasional yang berlangsung dari tanggal 3 Oktober hingga 13 Oktober 2022.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Pribadi
Putra kelahiran Belitung, Rafa Jeconia Verdasco, mewakili Indonesia pada event ITF Asia 14 & under Development Championship 2022 - Finals di Thailand. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Putra kelahiran Belitung, Rafa Jeconia Verdasco, mewakili Indonesia pada kejuaraan ITF Asia 14 & under Development Championship 2022 - Finals di Thailand.

Remaja yang pernah menempuh pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Regina Pacis Tanjungpandan itu, menjadi bagian dari tim tenis junior Indonesia.

Masuk tim nasional (timnas) Indonesia, putra pasangan John Paul Mangunsong dan Ester Ompusunggu ini, mewakili Bangka Belitung ( Babel).

Bersama tiga atlet lain, ia membawa nama Indonesia pada ajang internasional yang berlangsung dari tanggal 3 Oktober hingga 13 Oktober 2022.

"Masuk di timnasnya dari Bangka Belitung, tapi ini mewakili Indonesia dan sekarang masih di Thailand untuk bertanding," kata ibunda dari Rafa, Ester Ompusunggu, kepada Posbelitung.co, Selasa (4/10/2022).

Terakhir, remaja kelahiran 26 Maret 2009 itu, mengikuti kejuaraan LTAT di Thailand. Rafa bersama timnya mendapat juara 2 (runner up).

Putra kelahiran Belitung Rafa Jeconia Verdasco saat berlaga pada kejuaraan LTAT di Thailand.
Putra kelahiran Belitung Rafa Jeconia Verdasco saat berlaga pada kejuaraan LTAT di Thailand. (IST/Dokumentasi Pribadi)

"Sampai sekarang masih di Thailand ikut timnas untuk event selanjutnya di Thailand. LTAT kemarin lolos, jadi ini berlanjut lagi ke ITF. Tentunya, pada event berikutnya target anak kami adalah juara satu," ucapnya.

Atlet yang kini bersekolah di SMP Genius Homeschooling itu telah banyak mencetak prestasi. Mulai dari prestasi tingkat provinsi, nasional hingga internasional.

Di antaranya, pada Kejurnas Tugu Muda di Tegal, Rafa mendapat juara 1 dan pada event Asian Tennis Champions 14 & under 2022 di Malaysia ia pun mendapatkan juara.

"Kalau mulai fokus latihannya itu dari tahun 2014. Itu sudah mulai ikut event-event dan dapat juara. Tapi kalau latihannya dari usia 5 tahun sudah memegang raket," tuturnya.

Menjadi atlet nasional dan masuk ke timnas hingga sekarang ini, membuat orang tua Rafa merasa bangga. Apalagi tak pernah terpikirkan sebelumnya jika putranya bakal menjadi atlet tenis.

"Jadi tidak ada bakat keturunan. Kalau papanya main tenis hanya sekadar hobi saja. Ini murni bakat dari anak kami sendiri dan keinginan anak kami sendiri. Kami sebagai orang tua hanya bisa men-support," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved