Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Monica Haprinda Ingin TP PKK Kota Pangkalpinang Bergerak Dinamis Ikuti Perkembangan

Monica mengemukakan, kemeriahan dalam memperingati HKG PKK tentunya harus menimbulkan gelora, dengan membawa semangat, energi baru.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda, menyerahkan penghargaan kepada kader PKK di Swiss-Belhotel, Selasa (4/10/2022). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda, menegaskan, dirinya ingin mendorong agar ada nuansa pembaruan di dalam kader PKK. Tidak monoton, namun harus ada keselarasan gerak dengan kebijakan pemerintah.

Hal tersebut disampaikannya pada silaturahmi para kader PKK dan Dasawisma di Kota Pangkalpinang sekaligus peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-50 PKK Nasional di Swiss-Belhotel Pangkalpinang, Selasa (4/10/2022).

Peringatan HKG ke-50 PKK Nasional ini, tambahnya, menjadi titik tolak untuk memompa semangat pembaharuan, terutama dengan mengembangkan daya kreasi dan kreativitas para kader.

"Peringatan seperti ini bukan hanya semata-mata kegiatan rutin tahunan saja," kata dia kepada Bangkapos.com usai kegiatan.

Monica mengemukakan, kemeriahan dalam memperingati HKG PKK tentunya harus menimbulkan gelora, dengan membawa semangat, energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya gerakan PKK.

Tentunya semangat ini harus dimiliki, karena TP PKK adalah mitra kerja pemerintah. Sehingga harus mampu menyelaraskan dengan kebijakan program pemerintah.

Tak hanya itu dengan mengusung tema 50 Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa Berbagi untuk Sesama ini menjadi sangat istimewa, karena merupakan sejarah tahun gerakan PKK di Indonesia.

Sudah seharusnya gerakan PKK kembali kepada rohnya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat.

"Tema ini harus melekat pada hati sanubari kita semua terutama keluarga besar TP PKK dan harus menjadi tatakan kita bersama. Bahkan kita ingin menjadikan dedikasi dan kiprahnya sebagai gerakan PKK," terang Monica.

Pihaknya juga tidak ingin hasil rakernas kesembilan PKK tahun 2021 lalu hanya menjadi dokumen yang tersimpan di lemari. Namun, sejalan dengan makna gerakan, TP PKK harus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan.

Pola pendekatan peran serta masyarakat menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan modal sosial yang cukup besar. Oleh karena itu, PKK yang sesungguhnya adalah potensi pembangunan bangsa Indonesia.

"Jadi harus menjaga kondisi yang kondusif di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar kita. Ini merupakan implementasi bakti PKK untuk bangsa dan berbagi untuk sesama," ucapnya.

Melalui peringatan HKG ini, Istri Wali Kota Pangkalpinang ini mengajak seluruh jajaran penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan pada kader PKK, termasuk kader Dasawisma. Karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program PKK agar tetap selaras dengan program pemerintah.

"Ada dua hal pokok. Pertama, jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar gerakan Bakti PKK untuk bangsa, dan kedua, berbagai bentuk sesama saling membantu merupakan implementasi program PKK," kata Monica. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved